Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan oleh banyak orang saat ini. Seperti untuk kebutuhan produktif contohnya bekerja,jualan atau bahkan untuk keperluan hanya sekedar untuk jalan-jalan.

Sepeda motor banyak di gunakan oleh banyak orang untuk saat ini di karena harganya cukup terjangkau dan mobilitas yang tinggi di bandingkan dengan kendaraan roda empat. Hal itu bisa dilihat ketika ketika jalan macet bisa selap-selip dan juga bisa masuk jalan gang gang sempit. Namun tetap harus perhatikan keselamatan berkendara juga ya dalam menggunakan sepeda motor ini.

Nah jika habis digunakan sepeda motor biasanya kotor oleh debu dan juga lumpur. Terutama ketika musim hujan gampang sekali sepeda motor kita terkena kotoran dari cipratan air hujan.

Pada postingan kali ini saya akan coba berikan tips cara membersihkan sepeda motor biar Kinclong.

Siapkan alat dan bahan:

  • Air
  • Lap
  • Kanebo
  • Shampoo khusu motor
  • Pengkilap Ban
  • Body kit Motor
  • Gayung,ember
  • Sikat.

Alat dan bahan bisa di beli di minimarket atau toko setempat.

Cara Membersihkan Sepeda Motor biar Kinclong

  1. Jika sepeda motor kamu yang akan di cuci mesinnya masih dalam keadaan panas karena habis dipakai lebih baik tunggu hingga mesin dalam keadaan dingin.
  2. Semprot pakai air dari selang,jika tidak ada bisa pakai gayung ke sepeda motor yang kotor. Jika ada sikat bisa sambil di sikat sikat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghemat sabun.
  3. Setelah dirasa kotoran sudah mulai berkurang bisa pakai sabun khusu motor jika ada.untuk membersihkan kotoran yang menempel. Dengan cara tuangkan sampo motor ke dalam gayung,tambahkan air sepertiga nya lalu masukan kain dan remas-rema,hingga keluar busa.
  4. Gosokan kain yang sudah ada sampo tadi ke sepeda motor. Mulai dari atas dulu supaya tidak kotor. Misalnya bagian jok,bagian depan sepeda motor lampu dll. Terus ke bagian mesin bawah disitu biasanya kotoran menempel dan dan susah untuk dibersihkan. Selanjutnya adalah ke bagian ban dan velg. Terus ulangi jika masih kurang.
  5. Setelah proses membersihkan dengan sabun selesai saatnya untuk membilas dengan air. Agar kotoran terbawa oleh shampoo khusu sepeda motor tadi. Semprot semprot lagi hingga ke sela sela mesin dialirkan air.
  6. Jika proses mencuci selesai saatnya untuk mengeringkan sepeda motornya. Jika ada bisa menggunakan kanebo,lakukan hingga agak kering. Kalau saya biasanya sambil di jemur. Biasanya jika tidak di lap,suka ada sisa debu yang nempel di sepeda motor.
  7. Jika dirasa sudah kering, semprot dengan ‘kit Motor” Pengkilap,lalu lap dengan kain kering. Selengkapnya bisa baca tuh di kemasannya.
  8. Pastikan ban sudah kering dan bersih. Gunakan “Carrera Pengkilap Ban” gunakan kuas untuk mengoleskannya. Secukupnya dan Proses mencuci motor selesai.

Hasilnya memang benar bener kinclong dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Body,mesin bagian luar dan ban bersih dan kinclong seperti baru.

Itu tadi Cara Membersihkan Sepeda Motor biar Kinclong berdasarkan pengalaman saya. Semoga bermanfaat untuk kamu.

Baca: Cara mencuci sepeda motor agar terlihat lebih bersih.