Halo ! apa kabar ? Selamat datang kembali di blog saya ini yang membahas seputar mesin cuci dan berbagai informasi menarik lainnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara Cara pasang Mesin cuci dan dilakukan oleh sendiri. Contoh mesin cuci yang saya gunakan waktu itu adalah mesin cuci otomatis 1 tabung otomatis. Pada awal ketika membeli mesin cuci dan sampai di rumah kita, ternyata tidak bisa langsung pakai loh.

Jadi ketika unit datang lalu menyimpannya di rumah dan membaca buku manual. Ternyata kita harus memasang terlebih dahulu sebelum bisa memakainya.

Berdasarkan pengalaman saya cara pasang cukup mudah. Tapi ada sedikit kendala karena direkomendasikan untuk membuat saluran khusus mesin cuci dengan cara melubangi. Selain itu juga kita harus memasang dengan benar penghubung antara selang dengan kran air. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Pasang Mesin cuci Buat Yang Baru Beli

  1. Ketika mesin cuci sudah ada di rumah buka terlebih dahulu pembungkus mesin cuci seperti kardus,plastik dan lainnya. Pastikan baca buku panduan yang sudah diberikan dan simpan buku garansi.
  2. Simpan mesin cuci ditempat kering dan permukaan lantai yang datar. Jangan menyimpan mesin cuci di tempat yang lembab seperti di toilet atau kamar mandi.
  3. Siapkan kran khusus untuk mesin cuci. Kran bisa di beli di toko material atau bisa beli secara on-line.
  4. Selanjutnya adalah buat saluran air khusus mesin cuci. Hal ini bertujuan supaya ketika proses mencuci di mesin cuci tidak terganggu.
  5. Jika sudah ada kran dan saluran khusus mesin cuci , sambungkan kan selang mesin cuci dan kran air. Lalu pasangkan kran air dengan selang mesin cuci dengan baik. Tes terlebih dahulu apakah ada kebocoran atau tidak pada sambungan antara kran air dan selang mesin cuci.
  6. Pemasangan selesai dan selamat mencuci menggunakan mesin cuci.

Sekarang mesin cuci sudah terpasang dengan baik dan saluran air juga sudah terpasang khusu mesin cuci. Info tambahan ,Tidak usah bingung dengan kran untuk mesin cuci selama pada bagian ujungnya terdapat celah untuk mengunci skrup.

Skrup pada ada dua satu yang sudah menempel di selang mesin cuci dan yang ke dua adalah untuk di tempel atau di pasang pada ujung kran air.

Nanti setelah itu di tekan pada seperti mengunci begitu pada skrup yang ada di kran air. Jika itu berhasil dipasang dengan rapih maka seharusnya tidak ada kebocoran air. Selama proses mencuci agar tidak error pastikan stok air tersedia ya.

Selain itu jika akan memasang sendiri dan belum ada saluran air untuk mesin cuci. Berarti kita harus buat sendiri. Saya ambil air dari saluran pemandian dengan menghitung terlebih dahulu cukup satu batang panjang pipa ukuran 1/2 inchi. Beli lem pipa satu buah sudah cukup. Supaya tempelan kran Koko maka dibuatlah lubang dari toilet tersebut untuk memasang kran air. Di padatkan lagi menggunakan sedikit adukan semen dan pasir.

Itu tadi cara membuat atau menempel kan kran air,saya buat sendiri dengan cara melubangi tembok. Jika sekiranya tidak bisa dilakukan sendiri mungkin bisa meminta bantuan pada tukang untuk membuat saluran khusus buat mesin cuci.