Bagi pemilik usaha online atau offline kita kenali yuk apa saja jenis jenis digital marketing yang mungkin bisa di terapkan.

Digital Marketing atau pemasaran lewat media digital merupakan suatu yang tidak dapat dihindari untuk saat ini. Terlebih dunia digital yang berkembang begitu pesat semenjak lahirnya internet dan smartphone. Seakan merubah kebiasaan kegiatan manusia internet juga berpengaruh terhadap dunia marketing. Kini beralih pemasaran lewat online atau digital marketing.Untuk itu kita kenal sekilas jenis- Jenis digital yang bisa coba untuk usaha.

1.Conten Marekting

Content marketing atau pemasaran konten merupakan salah satu jenis pemasaran digital yang berfokus pada pembuatan,penerbitan dan distribusi konten untuk audiens yang di targetkan secara online. Content marketing ini di gunakan untuk menarik perhatian audiens oleh pebisnis haruslah Penting,Relevan dan Konsisten. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan penjualan online. Contoh content marketing situs blog,Ebook,Video,dll.

2.Social Media Marketing (SMM)

Social Media sebagai interaksi sosial antar manusia dalam bertukar informasi baik itu informasi berupa dan berbagai macam konten dalam komunitas virtual. Kini tidak hanya untuk sekedar untuk itu saja tapi bisa dijadikan alat untuk marketing atau pemasaran dalam bentuk dital. Terdapat banyak sosial media seperti facebook,tweeter,instangram dll. Sosial media marketing (SMM) ini bisa dilakukan secara gratis dan berbayar untuk mempromosikan produk. Dengan ini jangkauan akan lebih luas dan terarah karena bisa di atur ,misalnya saja iklan facebook.

3.Email Marketing

Email Marketing yang merupakan salah satu jenis digital merketing yang cukup populer digunakan untuk bisnis di era sekarang ini. Pengertian dari Email marketing (Pemasaran email ) menurut wikipedia

adalah tindakan mengirimkan pesan komersial, biasanya ke sekelompok orang, menggunakan email. Dalam arti yang paling luas, setiap email yang dikirim ke pelanggan potensial atau saat ini dapat dianggap sebagai pemasaran email. Ini melibatkan penggunaan email untuk mengirim iklan, meminta bisnis, atau meminta penjualan atau sumbangan. Strategi pemasaran email biasanya berusaha untuk mencapai satu atau lebih dari tiga tujuan utama, untuk membangun loyalitas, kepercayaan, atau kesadaran merek. Istilah ini biasanya mengacu pada pengiriman pesan email dengan tujuan meningkatkan hubungan pedagang dengan pelanggan saat ini atau sebelumnya, mendorong loyalitas pelanggan dan bisnis yang berulang, memperoleh pelanggan baru atau meyakinkan pelanggan saat ini untuk membeli sesuatu dengan segera, dan berbagi iklan pihak ketiga. Sedangkan cara untuk mengirim email tersebut bisa dilakukan secara manual dan otomatis menggunakan tool,sebaiknya jika banyak memang menggunakan tool agar hemat waktu.

4.Search Engine Optimization (SEO)

Pengertian Search Engine Optimization (SEO) menurut wikipedia serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Jika sudah dapat pengunjung maka potensi untuk terjualnya sebuah produk akan jauh lebih besar. Itulah mengapa banyak pemilik website belajar seo dan kadang menyewa ahli SEO agar supaya website mereka berada di posisi pertama hasil pencarian. Memanfaatkan mesin pencari secara organik ini adalah gratis. Salah satu faktor untuk berada di posisi pertama adalah kualitas konten yang berguna untuk pengunjung.

5.Pay-Per-Click (PPC)

Pay per click merupakan cara beriklan di mesin pencari seperti google agar website kamu berada di posisi pertama. Dengan cara memasang iklan di google dengan kata kunci tertentu dengan besaran per klik dan biaya tergantung dari jenis kata kunci.

6.Affiliate Marketing

Menurut jurnal.id Affiliate marketing adalah sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya. Affiliate Marketing pada dasarnya adalah mirip MLM tapi ini dilakukan secara online. Jenis pemasaran ini untuk pengusaha online bisa membuat program affiliate atau affiliasi di website,jika sudah ada pelanggan bisa di ajak untuk menjadi member affiliasi.

7.Instant Messaging Marketing

Pesan singkat masih cukup power full di jadikan salah satu digital marketing karena akan masuk ke pesan pribadi smart phone. Salah satu contohnya mungkin kamu pernah mendapatkan pesan dari operator tentang promo suatu restoran tau sebuah toko online biasanya disertai link menuju website Pengiklan.

Itu tadi jenis jenis digital marketing yang dapat kita ketahui. Selanjutnya adalah memperdalam dari masing-masing jenis digital marketing yaitu langkah-demi langkah serta kekurangan dan kelebihannya.