Postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman yang sempat galau untuk memilih barang elektronik untuk mendinginkan ruangan kamar di rumah saya.

Mungkin bagi Anda yang punya banyak uang tidak masalah ya ,tinggal beli Ac saja beres tidak harus memilih mana yang lebih baik. Karena pasti Ac lah yang lebih baik. Namun bagi Anda yang kondisi keuangan pas-pasan tentu akan mempertimbangkan dari berbagai aspek mana yang lebih baik Air cooler atau AC ?

Ok,lanjut ya, pada awalnya cerita sempat kebingungan membeli air cooler atau AC adalah ketika tinggal berdua dirumah dirasa cukup menggunakan kipas angin. Tapi setelah lahir anak pertama dirasa mendesak untuk beli pendingin ruangan. Karena suhu udara di rumah panas dan kasihan melihat bayi kecil jadi rewel. Jika menggunakan kipas angin saja tidak cukup dingin dan kurang sehat juga.

Nah,seperti itu ceritanya akhirnya saya juga dulu mencari referensi di internet mana yang lebih baik air cooler atau Ac ?. Setelah baca baca artikel di internet lahiran lah postingan ini,tentang air cooler atau AC mana yang lebih baik.

Berikut ini adalah perlengkapan elektronik yang biasa kita gunakan untuk mendinginkan ruangan. Dan juga kelebihan serta kekurangannya

  1. Ac atau Air Conditioner. Dengan menggunakan alat ini ruangan kamar Anda bisa sejuk atau dingin sesuai dengan keinginan kita dan suhu ruangan stabil. lebih simple tidak harus di pindah-pindah,tinggal atur melalui remote control sehingga lebih nyaman. Untuk harga Ac relatif masih mahal sekitar 3 jutaan dan ada tagihan listrik akan naik.
  2. Air cooler dengan menggunakan alat ini ruangan lebih dingin dibandingkan menggunakan kipas angin. Kelebihannya yaitu Portable mudah dipindahkan ke ruangan yang diinginkan.Tapi yang membuat enggan untuk membelinya adalah kita harus sedia ice pack agar udara yang dihembuskan terasa dingin. Harga air cooler lebih murah sekitar 1 jutaan ,dibandingkan Ac,sementa untuk biaya listrik lebih hemat dibandingkan AC.
  3. Kipas angin, hampir semua orang mungkin ada ya,di setiap rumah yang kondisi daerahnya panas. Penggunaannya simple, mudah dipindah dan harga yang cukup terjangkau dan hemat listrik tentunya. Namun kekurangan nya adalah kipas angin tidak ada pendinginnya,sekedar menghembus angin saja.

Pilih Mana Air Cooler atau AC?

Ok sekarang kita ke penentuan akhirnya, sekarang kita mau pilih mana air cooler atau Ac.

Menurut saya mendingan Pilih AC (air conditioner) ,kenapa ? karena melihat keunggulan diatas dengan menggunakan AC suhu ruangan kita bisa diatur sesuai keinginan dan stabil tanpa harus repot mengarahkan arah hembusan angin.

Dan juga kita tidak harus menyediakan stok ice pack. Yang mana kadang ada males nya untuk sekedar menyimpan ice pack.

Karena menggunakan AC satu ruangan itu akan tetap dingin dan stabil. Dengan begitu bayi akan tidur nyenyak dan tidak rewel lagi.

Walaupun dibalik itu ada kekurangannya yaitu harga lebih mahal dan tagihan listrik akan bertambah. Solusinya jika harga mahal mungkin kita bisa bersabar sebentar dengan cara menabung. Dari pada nanti beli air cooler yang setengah-setengah mendinginkan ruangan dan agak ribet.

Kalau masalah tagihan listrik solusinya adalah berhemat. Matikan AC jika tidak digunakan. Nyalakan AC ketika panas panasnya dan nyalakan ketika dibutuhkan saja. Jadi tidak nyala terus 24 jam,itu adalah solusi yang saya pakai.

Dan kekurangan lainnya dari AC adalah Kita juga tidak bebas memindahkannya dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Harus meminta tukang service Ac. Selain itu untuk beberapa bulan sekali AC harus dibersihkan oleh tukang service Ac.

Sementara Air cooler memang lebih murah ,portable mudah dipindah-pindah namun suhu yang diinginkan tidak stabil serta agak ribet harus isi air dan ice pack nya.

Baca juga : Cara Menggunakan Mesin Cuci sharp Satu Tabung .

Jika masalahnya adalah budget sama seperti saya mendingan menabung terlebih dahulu. Dan hasilnya nanti akan mendapatkan alat yang terbaik untuk mendinginkan ruangan dari pada air cooler yang menurut saya nanggu gitu. Jangan sampai nanti beli nanggu yang ujung ujungnya beli Ac juga. Nah, itu tadi pendapat saya tentang pilih mana yang lebih jika budget terbatas Air cooler atau Ac. Semoga bisa membantu memberikan referensi pilihan dan semua kembali kepada Anda . Karena sejatinya Anda lah yang mengambil keputusan. Terimakasih sudah berkunjung.