Kita sering mendengar kata langganan dan pelanggan,sebetulnya apa sih pengertian dari dua kata tersebut. Mungkin kamu sedang membutuhkan informasi lebih dalam tentang Pelanggan untuk kebutuhan tugas sekolah dll. Nah, pada postingan kali ini saya akan mencoba menguraikan apa itu Pelanggan yang bersumber dirangkum dari internet.

Pengertian Pelanggan

Pelanggan asal kata dari langgan atau berlanggan artinya berjual beli secara tetap. Jika berlangganan artinya mengadakan jual beli secara tetap. Sedangkan pengertian dari Pelanggan adalah orang yang membeli (menggunakan dan sebagainya) barang (surat kabar dan sebagainya) secara tetap. (kbbi.web.id/langgan)

Sedangkan menurut seputarpengetahuan.co.id Pelanggan atau langganan adalah individu atau rumah tangga, perusahaan yang membeli barang jasa yang dihasilkan dalam ekonomi. Bisa juga Pelanggan adalah seseorang yang terbiasa untuk membeli barang pada sebuah toko tertentu. Pelanggan juga sering disebut dengan klien, nasabah atau juga pasien tergantung pada sifat industri atau budaya.

Jika dikaitkan antara Pelanggan dan Digital Marketing cukup erat kaitannya. Digital marketing bertujuan untuk mengenalkan produk di internet dan media lainnya. Lalu setelah itu harapannya adalah setelah mengenal produk dan membeli produk ,mereka akan menjadi Pelanggan setia.

Tentu ini tidaklah mudah dengan saingan produk dari perusahaan yang serupa akan menjadi kendala tersendiri. Selain modal dan faktor lainnya bisa di promosikan barang kita dengan produk lebih unik,hadiah dan digital marketing yang tepat sasaran. Saya kira tidak harus menjatuhkan harga jika produk kita berkualitas,promosi hanya di awal saja. Dengan begitu pelanggan baru akan diperoleh dan pelanggan lama akan terus bertahan.

Mempertahankan Pelanggan

Ternyata faktor kualitas yang akan memancing pelanggan baru dan lama bertahan. Misalnya saja ketika seseorang membeli produk dengan harga murah dengan kualitas hancur makan akan kapok dan tidak akan membeli produk itu lagi. Bukan hanya dia tapi akan bercerita kepada teman,keluarga dan ke rekan-rekan kerja juga.

Jadi akan sia-sia hasil digital marketing kita tanpa kualitas mumpuni. Perhatikan juga kualitas produk yang di produksi dan di iklankan. Sekali lagi cara mempertahankan pelanggan adalah menjaga kepercayaan mereka jangan membuat kecewa. Misalnya kualitas menurun dan tidak tidak adanya penghargaan berupa reward.

Berikanlah cendra mata penghargaan untuk langganan terbaik mu,itu merupakan salah satu jenis promosi. Mungkin hadiah tersebut akan di upload di media jejaring sosial mereka sehingga menjadi jaring digital marketing baru secara gratis. Dan hal itu bagus untuk perusahaan.

Berusaha untuk menjaga keinginan pelanggan untuk memperoleh pelanggan baru.