Keberuntungan selalu memiliki jalan yang berbeda. Ada yang mendapatkan banyak uang dengan bekerja pada jam normal dan ada yang bekerja pada waktu tertentu atau disebut sebagai pekerja shift. Pekerja shift juga terbagi seiring waktu dan salah satu yang paling berisiko adalah kerja shift malam.

Dengan melakukan shift malam akan mengalami beberapa resiko penyakit, bahkan penelitian yang dilakukan oleh International Agency for Research on Cancer (IARC) menyatakan pekerja shift bisa memiliki resiko terkena kanker payudara, prostat, paru-paru, perut dan usus besar.

Ini disebabkan oleh siklus atau ritme sirkadian yang terganggu. Siklus sirkadian merupakan proses alami yang dilakukan oleh organ manusia untuk mengatur metabolisme tubuh.

Lalu apa yang harus dilakukan pekerja shift malam untuk menjaga kesehatan di tempat kerja? Bagaimana cara perusahaan mengelola karyawannya yang berkerja pada shift malam agar selalu sehat? .

Cara Menjaga Kesehatan Kerja Shift Malam Untuk Karyawan

DI kutip dari hello sehat tips menjaga kesehatan untuk kerja shift malam ada 5.

  1. Mengatur pola tidur
  2. Mengatur pola makan sehat
  3. Tidur siang
  4. Mengatur jadwal shift
  5. Batasi konsumsi Kopi

Selain itu untuk menambah wawasan bisa baca tips Cara Menjaga Kesehatan Kerja Shift Malam berikut.

Tips bagi mereka yang bekerja shift malam

Tips bekerja shift malam adalah menjaga pola makan dan kesehatan. Menurut beberapa ahli, keluhan yang sering dialami pekerja shift malam selain kelelahan ekstrim adalah gangguan pencernaan dan pernafasan. Lalu apa saja tips bagi pekerja shift malam? .

1. Sisihkan waktu kerja dengan tidur selama kerja shift malam

Biasanya shift malam sangat minim dengan aktivitas atau hanya melakukan pekerjaan yang dirasa hanya bersifat urgensi.

Misalnya polisi atau tenaga medis yang pasti punya waktu luang selama bekerja. Jadi sebaiknya bagi yang memiliki waktu luang selama shift kerja, Anda bisa menyisihkan waktu untuk tidur siang beberapa menit.

Tidur siang singkat bisa sangat “menyakitkan” tetapi menurut penelitian, menyisihkan 20 hingga 90 menit untuk tidur selama shift malam dapat meningkatkan pikiran dan juga memberi Anda sedikit energi saat bekerja.

2. Apakah kamu mengantuk, Hindari Kopi!

Menurut ahli gizi Martin Kohlmeier, saat Anda mengantuk, yang harus Anda lakukan adalah menghindari konsumsi kafein berlebih seperti kopi. Mengkonsumsi kopi saat lelah hanya akan membuatmu semakin lelah.

Sebaiknya konsumsi makanan atau minuman terhidrasi seperti air mineral dan buah-buahan kaya air. Minumlah air mineral satu jam sekali untuk menghindari kelelahan atau kantuk.

4. Jangan Meremehkan “Sarapan Sore”

Shift kerja berarti makan dalam shift. Anda bisa mengubah waktu sarapan menjadi sore hari sebelum mulai bekerja. Banyak pekerja shift melewatkan sarapan dan lebih memilih makan pada tengah malam. Ini hanya akan mengganggu siklus sirkadian Anda.

Menu sarapan Anda sebaiknya tetap mengandung kalori tetapi diimbangi dengan serat. Karena jika sarapan tinggi kalori sebelum bekerja shift malam hanya akan menimbulkan rasa lelah yang berlebihan di malam hari.

5. Ubah Konsumsi Harian dengan Gizi Seimbang

Hal yang harus dihindari saat bekerja shift malam adalah mengkonsumsi makanan yang tinggi gula dan juga tinggi lemak. Sebagai pekerja shift malam, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti ayam dan ikan.

Selain tinggi protein, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan.

Pekerja shift juga sering tergoda untuk mengambil camilan seperti keripik atau minuman ringan. Minha-Rajput Ray, Terapis Okupasi dan Direktur Kesehatan NNEdPro Global Center for Nutrition and Health menyarankan makanan ringan untuk pekerja shift malam adalah buah-buahan seperti pisang atau apel.

Jika tidak suka buah basah, Anda bisa menyantap jajanan buah kering rendah gula yang kini banyak dijual, seperti kismis, persik, ceri, atau goji berry.

6. Hindari Fixed-Shift

Satu hal yang perlu dihindari oleh pekerja shift adalah dengan terus bertanya dan meminta perubahan shift.

Karyawan memiliki hak untuk bertanya dan meminta perubahan shift agar Anda tidak terus terjebak pada shift malam. Anda juga dapat memanfaatkan perubahan jadwal shift dengan mengambil istirahat penuh. Baca juga:

Apa yang Harus Dilakukan Perusahaan Untuk kesehatan Karyawannya?.

Perusahaan juga harus dapat menjamin kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan yang bekerja pada shift malam. Hal tersebut diatur dalam UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 dan juga peraturan pemerintah yang mengatur tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pegawai.