Salah satu barang elektronik yang cukup penting dan biasa digunakan dirumah adalah kulkas. Kulkas berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan awet. Selain itu kita juga bisa membuat es batu di dalamnya sehingga kita bisa memanfaatkan es tersebut untuk berbagai keperluan. Seperti kita ketahui jika berdasarkan karakteristik jumlah pintu,kulkas dibagi menjadi tiga ada yang satu pintu,dua pintu dan tiga pintu. Kulkas satu pintu jika saya baca di internet merupakan generasi pertama. Saya sendiri merupakan pengguna kulkas dengan satu pintu merek AQUA.

Alasan kenapa saya menggunakan kulkas satu pintu adalah karena harganya cukup terjangkau dan tidak terlalu makan tempat juga. Selain itu tersedia tempat untuk menyimpan makan dan minuman cukup lengkap seperti adanya,ruang pembeku buat bikin es. Dan juga tersedia untuk menyimpan buah dan sayuran,telor botol minuman berukuran besar dan kecil.

Dengan mempunyai kulkas sendiri dirumah kita bisa menyimpan makan dan terutama minuman agar tetap dingin. Jadi tidak harus keluar rumah kalau sekedar ingin buat minuman dingin.

Salah satu menggunakan kulkas satu pintu adalah kita harus siap untuk kegiatan membersihkan bunga es pada kulkas secara rutin. Yups! harus secara rutin karena jika tidak rutin ketebalan es pada bagian freezer akan bertambah dan akan membuat pintu bisa patah. Jika seperti itu nanti tidak bisa buat es lagi,tentu tidak inginkan?.

Jika saya baca di buku manual kebetulan kulkas yang saya pakai adalah merek Aqua. Untuk membersihkan bunga es ini dilakukan sesering mungkin atau ketebalan maksimal 5 mili meter (mm). Jika merek kulkas kamu berbeda mungkin bisa di baca pada buku manual yang telah diberikan.

5 Langkah Cara Membersihkan Bunga ES

  1. Putar knob pengatur suhu ke posisi OFF.
  2. Keluarkan semua isi lemari es (makanan,minuman dan interior). Kecuali baki penampung bunga es (tray chiller).
  3. Buang air hasil pencairan bunga es yang ada di penampungan.
  4. Bersihkan bagian dalam dan interior lemari es dengan lap kain halus.
  5. Masukan kembali semua interior yang telah di bersihkan ke tempatnya dan putar knob pengaturan suhu ke posisi yang diinginkan.

Hal yang harus diperhatikan ketika membersihkan bunga es adalah: jangan menggunakan benda tajam seperti pisau dan sejenisnya untuk membersihkan evaporator di dalam ruangan pembeku. Jika hal ini dilakukan bisa menyebabkan kerusakan pada kulkas tau lemari es. Dan jika ini terjadi mungkin saja garansi tidak berlaku itu kata penjual waktu itu.

Setelah selesai dilakukan pembersihan bunga es kini kulkas bisa digunakan seperti biasa dan hasilnya akan jauh lebih dingin dan bersih. Sekian postingan kali ini tentang cara membersihkan bunga es pada kulkas satu pintu semoga bermanfaat.