Analisis Lingkungan Mikro Digital Marketing

Analisis Lingkungan Mikro Digital Marketing- Ada skenario pembelajaran Marketing digital. Dalam skenario ini, untuk pertama kalinya kami ditunjuk sebagai digital marketing manager bisnis startup. Sebagai digital marketing manager, kami diminta membuat rencana Marketing digital untuk tahun depan. Lantas, hal atau faktor apa saja yang harus kita bahas dalam keramaian pasar dunia online dalam mengembangkan digital marketing plan?

Lingkungan Digital Marketing

Chaffey dan Ellis-Chadwick dalam Digital Marketing Strategy, Implementation and Practice menyatakan bahwa keberadaan suatu organisasi dalam ranah Marketing digital dipengaruhi oleh faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Dalam konteks artikel ini, pihak yang terlibat dalam lingkungan Marketing digital internal adalah para pemula dan empat aktor utama, yaitu:

  • Pemasok,
  • Pesaing,
  • Perantara, dan
  • Pelanggan.

Di tingkat lingkungan mikro, pemasok, pesaing, perantara, dan pelanggan memiliki pengaruh pada konten dan layanan yang disediakan secara online oleh startup kami. Seperti Marketing konvensional, memastikan kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi oleh situs startup sangatlah penting.

Oleh karena itu, bisnis rintisan yang kami kelola harus memahami kebutuhan pelanggan, serta kemampuan dan motivasi mereka dalam menggunakan internet. Pesaing juga memiliki pengaruh pada desain dan fungsionalitas situs yang kami kelola.

Di sektor industri tertentu, perusahaan mencoba mencocokkan penawaran yang mereka berikan di situs web perusahaan berdasarkan penawaran di situs pesaing. Penyesuaian ini bisa dalam bentuk menambah penawaran, tabulasi, menu yang ada, atau hanya dengan menempatkan tombol pendaftaran anggota.

Perantara dan pemasok, terutama penyedia layanan solusi jaringan, memiliki pengaruh yang signifikan pada desain, pengembangan, dan fungsi operasional situs. Menjaga hubungan baik antara klien dan perantara adalah penting. Pemasok, tergantung pada konteks operasional perusahaan, perlu beradaptasi dengan teknologi klien.

Bagaimana Analisis Lingkungan Mikro Digital Marketing?

Jika teknologi yang disediakan oleh pemasok terlalu canggih di sisi klien, atau sudah ketinggalan zaman, hal itu juga dapat berdampak negatif pada transaksi elektronik. Jika kita fokus pada tahun 2010-an, Mobile Internet merupakan trend tool yang saat ini banyak digunakan oleh konsumen digital dengan jumlah yang mencapai milyaran orang.

Ini menunjukkan bahwa kita harus memfokuskan kampanye Marketing digital kita pada alat akses internet seluler. Saat menjalankan kampanye digital marketing tentunya kita perlu memperhatikan kompleksitas dari kampanye digital marketing yang kita berikan kepada pelanggan.

Jika kampanye digital marketing yang sedang kami kerjakan membutuhkan keterlibatan pelanggan yang intens berupa penggunaan berbagai fitur yang tersedia pada platform dan layanan digital.

Oleh karena itu, kami harus memastikan bahwa segmen pelanggan yang kami pilih mampu dan terbiasa menggunakan fitur tersebut untuk meningkatkan efektivitas. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan pelanggan dalam menggunakan fitur yang tersedia tentunya sejalan dengan pemahaman perilaku, karakteristik, dan profil pelanggan.

Secara umum, seiring bertambahnya usia pelanggan, kemampuan dan pemahaman mereka dalam memahami dan menggunakan fitur-fitur teknologi terkini juga menurun. Oleh karena itu, perhatikan layanan terutama layanan pelanggan yang diinginkan pelanggan. Pelanggan era digital memiliki kebutuhan layanan pelanggan yang tentunya berbeda dengan pelanggan di masa lalu. Misalnya, dulu melayani kontak pelanggan cukup dengan saluran telepon.

Namun, seiring dengan bertambahnya akses internet, pelanggan menginginkan kontak melalui messenger, email, skype, dan media internet lainnya. Sementara itu, kemampuan Digital Marketing memberikan layanan pelanggan kepada kompetitor juga patut mendapat perhatian. Salah satu contohnya adalah kemampuan untuk menyediakan berbagai kontak pelanggan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.