Delicate artinya adalah halus atau lembut. Pengertian Delicate dalam mesin cuci adalah proses mencuci untuk pakaian dengan bahan kain yang halus misalnya pakai dalam dan pakaian lain yang terbuat dari bahan halus.

Mesin cuci bekerja dengan cara otomatis dengan kendali berupa tombol-tombol tertentu sesuai dengan fungsinya. Hal itu adalah untuk mempermudah pengguna karena di lakukan secara otomatis. Begitu pula dengan jenis kain yang akan dicuci disarankan agar kita mengelompokkan atau menyortir terlebih dahulu berdasarkan jenis kain.

Berdasarkan program mesin cuci biasanya terdapat tiga bagian kain dengan kasar seperti jeans,kain normal dan kain halus. Jika akan mencuci kain halus dan mengatur ke delicate putaran dan goyangnya mesin cuci tidak begitu kencang sehingga tidak merusak kain halus. Itulah fungsi dari delicate pada mesin cuci.

Tapi sebaliknya jika cucian tersebut adalah kain tebal seperti jeans mesin cuci akan berputar cukup kencang agar hasil cucian tetap bersih.

Selain harus rajin mengelompokkan berdasarkan jenis bahan kain. Bisa juga mencuci bahan halus menggunakan tas jaring yang khusus untuk mencuci bahan halus. Jadi pakaian yang terbuat dari bahan halus disatukan di dalam tas tersebut. Agar tidak mudah rusak tentunya.

Gunakan siklus mencuci lembut di mesin cuci yang akan di pakai adalah cara yang paling mudah merawat bahan halus. Pilih pengaturan sedang dengan begitu perputaran mesin cuci tidak terlalu agresif.

Jika akan menggunakan spin untuk mengeringkan bisa juga menggunakan setengah nya saja dari waktu normal. Karena bahan halus mudah kering ini juga bisa menambah awet pakaian dengan bahan halus tersebut. Tambahan tips untuk mencuci bahan halus adalah lihat juga petunjuk yang ada di pakaian tersebut apakah boleh mencuci menggunakan mesin cuci atau tidak. Jika tidak boleh tentu disarankan tidak boleh mencuci di mesin cuci.

Sangat berbeda jika kita mencuci baju dengan tangan. Kita bisa mengatur kapan harus mencuci dengan keras,sedang dan lembut. Namun lagi lagi ini kurang efektif karena pasti akan mengeluarkan banyak tenaga dan waktu. Justru dengan adanya teknologi termasuk dengan teknologi mesin cuci ini akan membantu kita dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Efek samping pasti ada termasuk mesin cuci ini misalnya adalah penggunaan listrik mungkin agak meningkatkan. Dan juga baju jika kurang hati-hati bisa cepat rusak. Solusinya adalah baca buku panduan yang telah diberikan ketika membeli unit mesin cuci tersebut. Agar hal hal yang bersifat efek negatif bisa dikurangi.

Sekian postingan singkat saya kali ini tentang Arti delicate dalam mesin cuci. Dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda, salam.