Pekerjaan rumah memang tidak ada habis-habisnya,seperti mencuci piring dan mencuci baju. Mencuci baju dan pakaian lain merupakan aktivitas rutin yang tidak bisa karena tiap hari ganti. Kegiatan mencuci baju ini akan membuat kita malas. Terutama jika terbiasa melakukannya sendiri seperti mencuci piring dan mencuci baju.

Baca juga: cara mencuci baju dengan tangan atau manual

Karena sifatnya rutin inilah terkadang merasa malas untuk mencuci baju. Jika setiap hari ke laundry tentu kurang efektif karena harus mengeluarkan biaya. Jadi mau tak mau harus dilakukan walau dalam keadaan malas.

Dengan demikian mungkin kamu sekarang sedang mencari tips bagaimana cara agar tidak malas mencuci baju. Kebetulan saya juga mantan anak kosan yang terbiasa melakukan hal itu sendirian. Barangkali tips yang saya akan bagikan bisa bermanfaat untuk kamu.

8 Cara agar tidak malas mencuci baju ala anak kosan

  1. Jangan biarkan cucian baju numpuk. Biasakan mencuci baju jangan terlalu banyak karena akan memakan banyak waktu. Tapi jika dilakukan tiap hari mungkin tidak bisa. Jadi lakukan dengan melihat jumlah cucian misalnya dua hari sekali atau tiga hari sekali. Dengan begitu aktifitas mencuci tidak terlalu sering dan tidak terlalu lama. Sehingga di akhir pekan bisa menikmati hari libur.
  2. Biasakan untuk memisahkan pakaian berdasarkan tingkat kekotorannya. Hal ini agar yang kotor banget tidak menempel ke yang agak bersih. Jika bercampur seperti itu maka mencuci jadi males.
  3. Jika akan mencuci pakaian rendam terlebih dahulu agar memudahkan proses mencuci. Proses merendam memang mudah dan merupakan setengah dari pekerjaan mencuci. Jadi kalau sudah tanggung rasa malas akan terhindar.
  4. Jangan lupa stok sabun cuci entah itu sabun colek, detergen ,pewangi dll. Hal ini juga untuk menghindari malas mencuci pakaian,karena malas untuk kewarung.
  5. Malas menggosok pakaian saat mencuci? . Jika iya, bisa dengan cara alternatif yaitu cucian di injak- injak. Tapi pastikan wadah atau keramik yang ada di lantai bersih. Jadi bisa menghemat tenaga.
  6. Lakukan proses mencuci di saat yang berbeda tapi tetap dalam satu hari itu agar tetap ada jadwal mencuci. Misalnya lakukan di pagi hari tapu jika lagi malas bisa dilakukan di sore hari.
  7. Peras cucian secukupnya saja jangan berlebihan. Ini akan menghemat tenaga dan waktu. Pilah dan pilih mana cucian yang kotor banget dan tidak.
  8. Menabung untuk membeli mesin cuci. Berdasarkan pengalaman ternyata mencuci pakaian menggunakan mesin cuci jauh lebih mudah. Apalagi menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis. Cucian kelas dengan hanya satu sentuhan saja jadi malas mencuci bisa di usir.

Nah itu tadi tips yang mungkin bisa bermanfaat dan mungkin bisa di coba. Jadi jika ingin mengetahui cara penggunaan mesin cuci otomatis bisa baca artikel berikut: cara menggunakan mesin cuci 1 tabung.

Sekian dulu postingan saya kali ini dan jangan lupa baca artikel saya yang lainnya.