Cara Jitu agar Blog Cepat Terindex Google


Cara Jitu Agar Blog Cepat Terindex Google – Kebanyakan blogger pemula seperti saya ini dihadapi oleh masalah index Google.

Bagi saya sendiri masalah ini sangatlah berbahaya mengingat satu-satunya cara mendapatkan organik trafik yaitu dengan menunggu Google untuk mengindeks blog yang kita bangun.
Namun bagaimana jika ada gangguan pada bagian indexnya? Pastinya akan memiliki dampak buruk kan?
Tentu saja blog kita akan menjadi sepi layaknya kuburan jika hal itu terjadi.
Sebenarnya sih semua jenis blog, jenis artikel akan di index oleh Google sebagaimana mestinya.
Yang membedakan hanyalah waktu pengindexannya. Ada yang terindex dengan hanya hitungan detik atau bahkan berminggu-minggu lamanya.
Itu semua tergantung kepada umur blog. Semakin lama umur blog eksis di Google maka akan semakin cepat juga blog itu terindex Google.
Google memiliki bot yang bertugas untuk membaca seluruh halaman yang ada di Google. Dan faktanya bot tersebut untuk bisa membaca satu halaman saja dia hanya membutuhkan waktu sepersekian detik.
Mereka akan memulai pembacaan dari blog yang sudah memiliki kualitas tinggi hingga terus ke pelosok blog (blog yang baru dibangun).
Hingga tidak aneh jika blog yang baru kita bangun akan susah untuk terindex. Umumnya blog baru bakalan bisa di index selama 2-3 hari.
Jika terus di biarkan pasti tidak akan memiliki perkembangan apalagi di zaman sekarang dimana kompetitor para blogger adalah perusahaan media yang notabenenya mereka akan mempublish artikel 10-20 artikel setiap harinya.

Cara Mempercepat Index Artikel di Google

Nah agar blog yang kamu kelola memiliki kecepatan index yang tinggi saya memiliki caranya yang akan dibagikan langsung di artikel ini.

1. Submit Webmaster Tools

Ini sudah menjadi hal yang umum, semua blogger pasti setuju dan melakukan hal ini juga dalam upaya meningkatkan kecepatan index suatu blog.
Webmaster tools merupakan alat yang digunakan oleh para blogger dalam membantu mendeklarasikan suatu halaman kepada Google bot yang bertugas untuk mengindex dan menampilkan halaman di mesin pencari.
Tanpa tools ini kemungkinan besar artikel tidak akan terindex bahkan dalam jangka waktu panjang pun.

2. Submit Peta Situs di Webmaster

Peta situs di webmaster berguna untuk memberikan informasi yang dimiliki oleh blog kepada Google.
Seperti memberitahukan struktur blog, isi artikel, dan beberapa hal penting lainnya.
Dengan begitu Google akan lebih mengenal blog yang kamu kelola sehingga proses index seluruh halaman blog akan lebih cepat.
Ada banyak jenis peta situs yang bisa kamu gunakan untuk menginformasikan Google.
Saran dari saya sendiri cobalah kamu gunakan kedua sitemap dibawah ini
  • https://www.domainmu.com/sitemap.xml
  • https://www.domainmu.com/atom.xml

3. Gunakan Template Premium

Seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya bahwa template premium memiliki struktur yang rapih dan terbaru.
Hingga Google bot pun akan lebih mudah untuk mengenali dan mengindex blog yang menggunakan template premium.
Untuk kamu yang bingung dengan template apa yang cocok untuk digunakan di blog kamu, saya telah mengulasnya di artikel sebelumnya dengan judul 3 template blogger SEO dan responsif.

4. Update Secara Rutin

Pernahkah kamu membaca artikel yang menganjurkan untuk mengupdate artikel secara rutin?
Bahkan mereka manganjurkan untuk update artikel setiap hari.
Hal itu bertujuan agar blog baru yang kamu kelola memiliki nilai dimata Google.
Semakin sering kamu upload artikel di blog maka akan lebih cepat juga Google bot mengindex blog yang kamu kelola.

5. Backlink

Backlink adalah faktor penting dalam menentukan indexs artikel, karena backlink yang bagus akan mempercepat indexs artikel.
Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan backlink gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan backlink blog kamu, kamu bisa baca disini Cara Mendapatkan Backlink Gratis Dofollow dan ketahui juga Apa Itu Backlink dan Manfaat Untuk Blog

6. Memberikan Internal link 

Nah jarang banyak orang ketahui bahwasanya dengan memberikan Internal link dapat mempercepat indexs artikel, ketik kita memberikan Internal link pada artikel yang sudah terindex google maka internal link tersebut juga akan terindex, maka hal ini sangat wajib kamu lakukan.
Cara yang saya tuliskan dalam artikel ini merupakan hasil pengalaman pribadi saya dalam menggeluti dunia blogging selama ini.
Sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk mencobannya.