Kegiatan mencuci piring merupakan salah satu kegiatan rutin dilakukan setiap hari selain mencuci baju di rumah. Sehabis makan piring,gelas dan alat makan lainnya, kotor oleh bumbu masakan. Biasanya kegiatan mencuci piring dilakukan oleh sendiri,oleh anggota keluarga misalnya Ibu,Kaka dan juga oleh orang lain,misalnya Pembantu. Alangkah baiknya kita juga harus bisa mencuci piring agar bisa membantu Ibu kita di Rumah. Mencuci piring bukan hanya pekerjaan wanita tapi laki-laki juga harus bisa. Dan mungkin suatu ketika kamu harus merantau atau ngekost karena kerja atau kuliah,jadi tidak kaget karena sudah terbiasa mencuci piring sendiri.

Sebenarnya mencuci piring sangatlah mudah namun bagi sebagian orang mungkin ada yang belum tahu, karena terbiasa di lakukakan oleh orang lain misalnya oleh Pembantu. Sambil rebahan lalau iseng-iseng searching di Google tentang Cara Mencuci Piring Yang Cepat Dan Bersih.

Oleh karena itu postingan ini dibuat semoga bisa membantu kamu. Dan di sini saya akan coba jelaskan langkah-langkah mencuci piring dan juga peralatan makan lainnya seperti gelas,sendok dll. Sebelum kelangkah-langkahnya jika belum tersedia ada beberapa tips yang perlu disiapkan,terutama bagi kamu yang baru pindah ke kost an

  • Spons pencuci Piring
  • Sabun pencuci piring cair
  • Tempat sampah

Jika sudah,sekarang saya anggap kamu telah selesai makan dan cucian piring di wastafel numpuk. Dan kamu sekarang malah asik main HP. Ingat sekarang kamu hidup mandiri dan segala sesuatu serba sendiri termasuk cucian piring yang harus segera diselesaikan.

Cara Mencuci Piring Yang Cepat Dan Bersih

  1. Buang terlebih dahulu sisa makanan dari piring ke dalam tong sampah di dekatmu,jangan sampai di buang kedalan pipa wastafel jika tidak ingin jadi masalah baru karena mampet hehe.
  2. Langkah selanjutnya adalah nyalakan air,tuangkan secukupnya (misalnya satu sendok makan) sabun pencuci piring tadi kedalam wadah lalu di remas-remas dengan spons pasti berbusa kan. Sabun cuci piring jangan semua di tuangkan ya Gan itu bisa untuk beberapa kali.
  3. Basahi piring, bisa satu persatu atau langsung semua,lalu gosok pakai spons yang sudah diberi sabun. Setelah itu di bilas pakai air mengalir sampai bersih. Pastikan tidak bau sabun,semua lemak hilang. Jika gelas misalnya ada bekas kopi makan buang terlebih dahulu. Hal ini selain menghemat air juga sabun.
  4. Simpan ditempat sementara supaya piring tidak basah atau bisa juga dengan kain khusu untuk mengeringkan piring dan selesai.
  5. Bersihkan Wastafel dari sisa kotoran dan lemak. Bersihkan juga spons bekas cuci piring simpan dan jangan direndam di bekas sabun.

Mudah bukan?. Ada tips untuk mencuci piring dan alat masak lainnya misalnya mencuci bekas sisa nasi yang rekat di pirin dan penanak nasi. Bekas nasi yang menempel kering di piring atau penanak nasi memang agak sulit caranya kita bisa menggunakan air hangat terlebih dahulu supaya sisa nasinya lembek dan nantinya sisa nasi mudah mengelupas dari piring atau dari penanak nasi. Sebenanrnya tidak harus pakai air hangat menggunakan air biasa juga bisa tapi agak lama di rendamnya.

Cara menghemat air saat mencuci Piring

Cara menghemat air saat mencuci piring adalah setelah piring dan alat makan lainnya di basahi air kita matikan dulu keran air. Lalu kita gosok menggunakan spons dan sabun piring dan alat makan tadi di wastafel. Setelah itu kita nyalakan lagi kran air dan proses terakhir bilas dengan air sampai bersih.

Sekian dulu Cara Mencuci Piring Yang Cepat Dan Bersih semoga bermanfaat untuk kamu. Dan jika ada yang kurang bisa di isi di kolom komentar. Dan jangan lupa juga baca postingan saya yang lainnya semoga bermanfaat,salam.