Posting kali ini akan menjelaskan tentang cara menggunakan mesin cuci otomatis. Mesin cuci berdasarkan jumlah tabungannya terdiri dari 2 jenis yaitu satu tabung dan dua tabung. Pada mesin cuci dua tabung terpisah antara tabung untuk mencuci dan membilas dengan tabung untuk mengeringkan.

Dan pada saat pengeringan cucian harus dipindahkan ke tabung ke dua secara manual menggunakan tangan. Jadi boleh dibilang mesin cuci dua tabung masih semi otomatis

Sedangkan pada mesin cuci satu tabung proses mencuci,membilas dan mengeringkan masih dalam tabung yang sama. Dari pengisian air hingga proses terakhir pengeringan di lakukan secara otomatis oleh mesin cuci. Maka dari sinilah boleh dibilang mesin cuci satu tabung adalah mesin cuci otomatis. Lalu selanjutnya adalah bagiamana cara menggunakan mesin cuci otomatis tersebut?.

Cukup mudah untuk menggunakan mesin cuci otomatis ini. Bahkan untuk orang yang baru sekalipun. Namun disarankan untuk membaca buku manual yang telah diberikan Saat pembelian unit tersebut.

Sebelum langkah langkah penggunaan mesin cuci otomatis. Ada yang harus dipersiapkan sebelumnya yaitu:

1. Pasang mesin cuci di tempat kering dan tidak lembab.

2. Lalu buat kran khusus untuk mesin cuci otomatis agar tidak diganggu oleh aktivitas lain selama proses mencuci.

3. Pastikan suplay air tersedia selama proses mencuci menggunakan mesin cuci otomatis.

4. Sediakan Colokan listrik untuk mesin cuci

Jika ke empat hal tersebut sudah terpenuhi sekarang saatnya untuk cara menggunakan mesin cuci otomatis tersebut.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis

  1. Pisahkan cucian yang akan dicuci berdasarkan jenis kain dan warna misalnya kain halus dan kain yang mudah pudar warnanya. Cek dan Keluarkan barang yang ada disaku.
  2. Masukan pakaian yang kotor kedalam mesin cuci otomatis.
  3. Tuangkan detergen kedalam mesin cuci secukupnya.
  4. Atur volume air sesuaikan dengan jumlah cucian.
  5. Turunkan selang pembuangan air.
  6. Tutup pintu mesin cuci
  7. Colokan ke steker untuk menyalakan mesin cuci,lalu Tekan Power.
  8. Atur Fungsi mesin cuci yang diinginkan sesuai dengan tombol pada mesin cuci.
  9. Tekan Start,maka proses mencuci secara otomatis dimulai dengan pengisian air yang juga secara otomatis.
  10. Proses mencuci berjalan secara otomatis dimulai. Jika memilih Fungtion lengkap maka dimulai dari Soak, rinse,wash dan Spin.
  11. Cucian selesai akan ditandai dengan bunyi beep pada mesin cuci. Lama proses mesin cuci bekerja tergantung dari pengaturan yang disetting sebelumnya.
  12. Setelah selesai ambil cucian kedalam keranjang untuk dijemur.

Setelah proses mencuci selesai biarkan terbuka sebentar mesin cuci untuk menghindari mesin cuci lembab dan membuat cucian bau. Pasang kembali selang pembuangan air. Cabut kembali kabel yang menyambungkan mesin cuci dengan colokan. Tambahan informasi selama proses mencuci pastikan air tersedia jika menggunakan suplay air dari bak atau toren pastikan air tersedia. Dan jika langsung dari air tanah maka sebelum pencet start nyalakan pompa air dan selam proses mencuci air harus ada.

Demikianlah postingan saya kali ini tentang Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis. Selengkapnya bisa baca buku panduan dan jika ada yang kurang bisa diisi lewat kolom komentar.