Selamat datang kembali di postingan Saya tentang berbagai tips dan informasi menarik. Kali ini saya akan berbagai tutorial tentang bagai mana cara menggunakan mesin cuci otomatis. Nah sebelum lanjut saya akan mencoba menjelaskan apa itu mesin cuci otomatis dan semi otomatis atau manual. Mesin cuci otomatis biasanya terdiri hanya 1 tabung. Sedangkan semi otomatis biasanya terdiri dari 2 tabung.

Fungsi tabung pertama adalah untuk mencuci dan membilas. Tabung ke dua adalah untuk mengeringkan cucian.

Sedangkan pada mesin cuci otomatis 1 tabung baik itu proses merendam,membilas dan mencuci dan mengeringkan masih dalam satu tabung yang sama. Lebih efektif dan efisien secara tempat dan proses mencuci.

Selain itu kenapa disebut mesin cuci otomatis adalah karena pengerjaan proses mencuci dilakukan secara otomatis oleh mesin.Dalam hal ini adalah proses mencuci.

Jadi secara sederhananya proses mencuci menggunakan mesin cuci 1 tabung adalah:

pastikan ketersediaan air selama proses dan hidupkan air.

Masukan cucian ke dalam mesin cuci beserta detergen.

Tekan Power lalu Start tunggu hingga proses mencuci selesai.

Setelah proses mencuci pakaian selesai dilakukan tinggal jemur. Berbeda dengan mesin cuci semi otomatis atau yang dua tabung setelah proses merendam,dan mencuci.

Proses pengeringan harus di pindahkan secara manual atau dengan kata lain ada pekerjaan tambahan memindahkan cucian ke tabung satunya untuk dikeringkan.

Kelebihan Mesin Cuci otomatis 1 tabung

Kelebihan menggunakan mesin cuci otomatis adalah proses mencuci jadi lebih mudah dan hemat waktu. Dan harganya juga relatif terjangkau sekitar Rp 2.300.000 tergantung merk dan kapasitas juga.

Itu tadi gambaran perbedaan dan kelebihan penggunaan mesin cuci otomatis dengan mesin cuci semi otomatis. Sekarang bagaimana cara menggunakan mesin cuci otomatis tersebut?

Mungkin Anda sedang mencari panduan atau cara penggunaan mesin cuci otomatis ini karena baru akan membeli atau baru membeli dan belum pernah menggunakannya. Sekali lagi di harap baca panduan yang ada disini merupakan panduan tambahan saja karena setiap merk mungkin saja berbeda.

Contoh disini adalah mesin cuci otomatis merk Sharp 1 tabung. Berikut..

Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis.

  1. Saya anggap unit mesin cuci sudah di pasang dengan benar sesuai dengan yang ada di buku manual ya. Jika belum lihat contoh proses installasi dan penggunaan mesin cuci otomatis merk sharp 1 tabung disini.
  2. Masukan cucian dan detergen ke dalam mesin cuci otomatis.
  3. Turunkan selang pembuangan air kotor
  4. Colokan ke steker untuk menyalakan mesin cuci
  5. Hidupkan air dan jangan dimatikan airnya selama proses mencuci
  6. Tekan tombol Power
  7. Atur jumlah air low,midle dan high atur sesuai kebutuhan.
  8. Atur pengaturan yang lain nya cukup sekali saja atau sesuai kebutuhan seperti jenis kain,proses yang diinginkan dan lama waktu tiap proses pada fungtion.
  9. Jika sudah selesai Tekan Start lalu proses pencucian akan dimulai dengan pengisian air kedalam mesin cuci.
  10. Setelah selesai proses mencuci akan berhenti otomatis dan di tandai dengan bunyi semacam pemberitahuan.
  11. Cabut kabel dari colokan,matikan air dan jemur selesai.

Nah itu tadi Cara Menggunakan Mesin Cuci Otomatis. Untuk lebih jelasnya tidak bosan untuk mengingatkan baca di buku panduannya. Karena setiap merk sedikit berbeda dan menghindari kerusakan.

Baca juga: Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung.

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat.