Ceritanya gagang pintu punya saya rusak,dan saya berniat untuk membeli dan memasangnya sendiri. Saya fikir bisa dilakukan sendiri jika ukurannya sama dengan bekas gagang pintu yang rusak sebelumnya.

Maka sebelum membeli saya coba bongkar laku ukur bagian dalam kunci terlebih dahulu. Pastikan ya sebelum membelinya ukuran sama dengan gagang pintu sebelum nya. a Agar tidak ada pekerjaan tambahan,kalau kegedean maka harus memahat lagi pintu dan kusen untuk tempat kuncinya.

Bagian dalam gagang pintu,tempat kunci dan handle.

Selanjutnya adalah mencari barang di bisa beli secara offline seperti di toko material dan online di marketplace, saya beli di Tokopedia. Harga gagang pintu waktu itu Rp 65.000 ( tergantung selera) ongkos kirim Rp10.000.

Tak berapa lama gagang pintu yang saya pun pesan sudah sampai di rumah. Dan selanjutnya adalah persiapkan waktu,saya ambil hari libur saja. Karena saya tahu pasti butuh waktu khusu buat pasang gagang pintu ini.

Gagang pintu sederhana.

Gagang pintu sudah di beli dan sesuai ukuran. Bongkar atau copot terlebih dahulu gagang pintu yang rusak Selanjutnya adalah pemasangan.

Cara Pasang Gagang Pintu

  1. Masukan terlebih dahulu bagian dalam gagang pintu( lihat gambar di atas) ke pintu dengan kotak yang sudah di pahat sebelumnya. Yang ada tempat kuncinya. Pastikan pas lubang handle dan lubang kunci. Tempat kan sesuai dan juga rapih. Jika agak susah bisa di pukul perlahan dengan palu,tapi di kasih alas dengan kayu kecil supaya tidak lecet Bagian kuncinya.
  2. Masukan bagian kunci, paskan dengan baut dan ada ulir lalu putar supaya kuat. Coba apakah kunci berfungsi dengan baik. Jika sudah bekerja dengan baik, lanjut.
  3. Pasang slot besi untuk handle. Lalu pasang gagang pintunya. Pilih bagian baut yang sesuai warna dan ukurannya. Coba gagang pintu yang sudah di pasang dengan baik sebelum ke langkah selanjutnya. Jika sudah oke bagian handle dan bagian kuncinya.
  4. Sekarang tinggal pasang bagian Plat yang menempel ke bagian kusen pintu. Perhatikan bagian lubang untuk kunci dan bagian handle agar sesuai.
  5. Finishing,coba buka tutup pintu untuk memastikan bahwa pemasangan gagang pintu selesai.

Posting ini di buat untuk kamu yang akan mengganti gagang pintu yang sederhana karena rusak. Dan jenis yang sama dengan gambar atau mirip. Karena setiap handle pintun atau gagang pintu yang jenisnya berbeda mungkin caranya juga beda. Jika kamu di mulai dari awal harus ada proses memahat pada daun pintu dan kusen. Jika mengalami kendala sialahkan hubungi tukang setempat.

Semoga tutorial cara mengganti gagang pintu sendiri, kali ini bisa bermanfaat untuk Anda. Lihat juga galery foto dibawah.