Definisi dan Jenis Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Definisi dan Jenis  Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui– Seiring dengan perkembangan zaman, dunia bisnis juga berkembang pesat. Hal ini tentunya membuat para pemilik bisnis harus bersaing secara masif dalam memasarkan produknya dengan berbagai cara. Di era modern ini teknik pemasaran suatu produk juga berkembang menjadi lebih modern dan kreatif.

Salah satu trend teknik pemasaran yang sedang populer saat ini adalah Digital Marketing, dimana kami memasarkannya melalui internet dan media sosial. Dengan teknik digital marketing ini, kita bisa mempromosikan semua produk atau layanan. Misalnya, ketika Anda sedang mencari produk kecantikan di mesin pencari Google, akan muncul toko web kecantikan atau penyedia layanan kecantikan.

Memahami Digital Marketing

Pemasaran digital merupakan strategi pemasaran produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Media digital yang dimaksud adalah internet dan media sosial, dimana hampir semua orang saat ini menggunakan fasilitas tersebut. Anda bisa perhatikan bahwa kebanyakan orang saat ini sering menggunakan Instagram, Facebook, Google, dan aplikasi lainnya.

Ini kemudian digunakan oleh pemilik bisnis untuk mempromosikan layanan atau produk mereka. Karena dengan memanfaatkan internet dan media sosial jangkauannya sangat luas. Teknik ini tentunya sangat efektif dalam menjaring calon konsumen guna meningkatkan jumlah penjualan produknya.

Jenis Digital Marketing

Sedangkan teknik pemasaran digital ini juga memiliki berbagai jenis dan karakteristiknya masing-masing. Jenis pemasaran digital berikut meliputi:

Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Tujuan utama dari SEO adalah untuk mengoptimalkan sebuah website atau situs pada posisi teratas, atau setidaknya berada pada halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan kata kunci atau kata kunci tertentu. Teknik SEO ada dua macam, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. SEO On Page sangat berguna untuk mempengaruhi peringkat mesin pencari.

Lihat selengkapnya tentang jenis-jenis Digital Marketing.

Apa saja definisi dan jenis digital marketing yang harus Anda ketahui?

Banyak sekali poin yang harus Anda pelajari untuk menguasai teknik SEO On Page. Salah satunya adalah membuat judul yang tepat dan akurat. Kemudian Anda juga harus membuat konten yang orisinal dan tidak membuat pembaca bosan. Misalnya kamu menambahkan gambar atau video agar konten yang kamu buat bisa lebih menarik.

Sedangkan teknik off page SEO digunakan untuk mengoptimalkan website atau situs dari luar. Salah satunya dengan membagikan link website Anda di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Pemasaran Mesin Telusur (SEM) SEM merupakan teknik pemasaran digital dimana fokus pemasaran hanya dilakukan pada halaman mesin pencari. Cara ini dilakukan untuk mengoptimalkan konten suatu website agar dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google, Yaho, Bing, dan mesin pencari lainnya. Ada banyak jenis Pemasaran Mesin Telusur, termasuk mesin telusur berbasis Perayap, Direktori, Mesin Telusur Hibrid, dan Bayar per klik.

Setiap jenis SEM memiliki karakteristik yang berbeda. Mesin pencari berbasis crawler adalah layanan mesin pencari yang menggunakan program perangkat lunak otomatis untuk mengkategorikan sebuah halaman web. Salah satu yang paling banyak dikenal orang adalah Google. Kemudian Direktori adalah layanan yang melibatkan manusia sebagai editor.

Dalam Digital Marketing , editor akan mengecek web berdasarkan informasi yang didapat. Beberapa direktori menawarkan layanan berbayar, sehingga situs web dapat diindeks dengan cepat. Ada juga direktori yang menawarkan layanan gratis, tetapi proses pengindeksan akan memakan waktu cukup lama dibandingkan dengan direktori berbayar.

Baca juga: Job description digital marketing.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.