Intip Perbedaan Oven Dan Microwave Sebelum Membeli

Intip Berbagai Perbedaan Oven Dan Microwave Sebelum Membeli. Apakah oven dan microwave sama?. Memang apabila dilihat secara sekilat, keduanya tampak sangat mirip. Namun ternyata terdapat perbedaan oven dan microwave. Dari segi bentuk sama – sama kotak dan terdapat kaca dibagian tengah.

Tidak sedikit pengguna yang merasa bingung apa sih yang membedakan keduanya?. Tidak perlu bingung – bingung lagi karena akan diberikan berbagai hal tentang oven dan microwave untuk kamu.

Bahkan ada beberapa diantara kamu yang sudah lama menggunakannya, namun tidak tahu apa perbedaannya bukan?. Jika iya, ini menjadi informasi menarik dan tepat untuk kamu. Keduanya memang dijadikan sebagai elemen pemanas, namun jika diteliti lebih lagi keduanya sangatlah berbeda.

Kebutuhan Penggunaan Oven Dan Microwave

Beberapa diantara kamu pasti menganggap bahwa oven dan microwave sama. Namun pendapat tersebut tidak dapat disalahkan karena memang dari segi bentuk keduanya memiliki bentuk yang sama. Jika dilihat dari kebutuhan listrik, oven memiliki daya listrik yang lebih rendah dibanding microwave. Perbedaan oven dan microwave dari segi listrik ini dikarenakan proses pemanasan serta pematangan oven lebih lama. Konsumsi listrik yang digunakan pun akan membengkak.

Dalam pemakaian microwave daya listrik yang digunakan lebih besar. Namun waktu untuk pemanasan dan pematangan lebih cepat sehingga konsumsi listrik lebih hemat. Cara kerja dari microwave yakni menggunakan gelombang mikro elektromagnetik. Pada saat gelombang tersebut terserap makanan, molekul air yang ada didalamnya akan terus bergerak, menghasilkan panas serta bertumbukan.

Sedangkan oven menggunakan sumber energi listrik atau gas. Adanya elemen pemanas pada oven akan mengubah energi menjadi panas yang selanjutnya ditransfer. Kemudian disebarkan secara merata dalam ruang oven guna membuat makanan menjadi matang. Masih banyak perbedaan oven dan microwave yang akan dibahas berikut ini.

Perbedaan Oven dan Microwave

Perbedaan oven dan microwave pada fungsi dan tujuan.

Tujuan dan fungsi dari kedua alat tersebut sangatlah berbeda. Microwave tidak dapat difungsikan untuk memanggang makanan. Alat tersebut hanya mampu digunakan untuk memanaskan makanan saja. Berbeda dengan oven yang dapat digunakan untuk memanggang makanan atau roasting.

Oven sangat dibutuhkan bagi kamu yang suka membuat cupcakes dan aneka roti yang memerlukan proses baking. Namun, jika kamu hanya ingin memanaskan makanan sisa semalam kamu dapat menggunakan microwave. Perbedaan oven dan microwave ini sebenarnya sangat nampak jelas jika diperhatikan.

Efisiensi waktu

Cara kerja yang berbeda, membuat waktu yang diperlukan pun berbeda. Proses pemanasan atau pematangan pada oven tentu lebih lama karena panas tidak langsung tertuju pada makanan. Panas dalam oven hanya menyebar memenuhi ruangannya saja. Disamping itu, waktu untuk mematangkan dengan oven pun dipengaruhi oleh jenis oven. Oven listrik tentu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada oven gas.

Sedangkan microwave dapat memanaskan makanan dengan sangat cepat dan lebih efisien. Hal tersebut dikarenakan reaksi pemanasan yang terjadi secara langsung pada makanan. Perbedaan oven dan microwave ini menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin membeli sesuai kebutuhan.

Harga

Harga microwave lebih mahal jika dibandingkan dengan oven. Namun efisiensi energi yang dibutuhkan microwave lebih tinggi. Hal tersebut membuat biaya lebih tinggi dibandingkan dengan oven. Kamu dapat membeli kedua peralatan tersebut sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Baca juga: Perbedaan Kompor Induksi Dan Kompor Listrik Untuk Memasak Di Rumah

Itulah beberapa perbedaan oven dan microwave yang harus kamu ketahui sebelum membeli. Pastikan kamu membeli sesuai kebutuhan. Jika untuk baking kamu dapat membeli oven. Namun jika hanya untuk memanaskan makanan, beli microwave saja.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *