Kenali SEO dan SEM dalam Digital Marketing

Kenali SEO seacrh engine optimize) dan SEM (search engine marketing) dalam Digital MarketingPengoptimalan Mesin Telusur dan Pemasaran Mesin Telusur seperti dua gambar berbeda dalam satu koin. Keduanya terdiri dari tindakan yang sangat berbeda, tetapi terkait dengan berbagai aspek pemasaran. Terkadang bahkan kedua istilah tersebut digunakan bersama untuk merujuk pada serangkaian aktivitas serupa, dan tidak jarang kita dibingungkan olehnya.

Lalu apa sebenarnya perbedaan antara SEO dan SEM? Dan dengan cara apa keduanya terkait dan bekerja sama? Sudah banyak dari kita yang tahu apa itu SEO, bahkan sudah merasakan manfaatnya dan menerapkan kurang lebih teori-teori yang ada. Oleh karena itu disini hanya akan sedikit menyinggung tentang SEO dalam Digital Marketing. Pengoptimalan mesin telusur mengacu pada proses di mana mesin telusur merayapi konten di internet.

Sedangkan untuk melihat seberapa efektif situs tersebut mendatangkan trafik. Mesin pencari akan menilai sejumlah hal di situs web, seperti kata kunci, tag, atau judul tautan, kemudian memberi peringkat berdasarkan kemampuannya untuk menarik lalu lintas organik berdasarkan faktor-faktor ini. Satu hal yang perlu diingat adalah Google membutuhkan waktu untuk mengidentifikasi dan memberi peringkat situs.

Jadi, jika situs tersebut adalah situs baru, mungkin untuk sementara waktu itu tidak diperhatikan oleh Google. Intinya, hasil SEO tidak bisa langsung dilihat. SEO bukan hanya sekedar taktik, tapi juga kesabaran dan ketekunan dalam mengoptimalkan sebuah situs.

Mesin pencari Marketing

Search Engine Marketing, atau yang biasa dikenal dengan SEM, adalah salah satu saluran pemasaran terpenting untuk menghasilkan lalu lintas di web. SEM pernah digunakan sebagai istilah umum, untuk segala hal yang berkaitan dengan pemasaran pencarian online dan termasuk hal-hal seperti SEO. Namun, banyak pemasar akhirnya membuat perbedaan antara SEO dan SEM.

Bagaimana Mengetahui SEO dan SEM dalam Digital Marketing?

Pemasaran Mesin Telusur saat ini merujuk secara khusus hanya pada iklan berbayar dalam mesin telusur. Dengan semakin banyaknya konsumen yang meneliti dan berbelanja produk secara online, SEM telah menjadi strategi penting untuk meningkatkan jangkauan perusahaan.

Di SEM (search engine marketing), pengiklan hanya membayar untuk tayangan yang menghasilkan pengunjung, menjadikannya cara yang efisien bagi perusahaan untuk membelanjakan uang pemasaran mereka.

Sebagai bonus tambahan, setiap pengunjung secara bertahap meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian organik. Karena konsumen memasukkan kueri penelusuran hanya untuk tujuan mencari informasi yang bersifat komersial, mereka ditempatkan dengan sangat baik untuk menerima pesan pemasaran dan diarahkan sebagai pelanggan potensial.

SEM menjangkau konsumen pada waktu yang tepat, ketika mereka terbuka terhadap informasi terbaru. Tidak seperti kebanyakan iklan digital, SEM tidak akan mengganggu atau mengganggu pekerjaan mereka. Berbeda dengan SEO yang hasilnya tidak bisa dilihat dengan cepat, hasil SEM relatif cepat. Metode ini bisa dibilang cara tercepat untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Bagaimana SEM Bekerja

Mesin pencari menggunakan algoritma yang kompleks untuk memastikan hasil yang paling relevan akan muncul di setiap pencarian, termasuk lokasi dan informasi lain yang tersedia. Dalam iklan pencarian berbayar, iklan bersponsor akan muncul di bagian atas dan samping halaman hasil mesin pencari, untuk visibilitas lebih dan keuntungan lebih dari hasil organik.

Misalnya, Anda mencari produk atau layanan secara online di mesin pencari Digital Marketing, lalu ketikkan istilah yang Anda cari. Pada halaman hasil pencarian, Anda akan menemukan berbagai iklan perusahaan yang kata kuncinya sesuai dengan kata kunci dalam pencarian Anda sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.