Cara Kerja Kulkas atau Lemari Es Kenapa Bisa Dingin?

Salah satu barang elektronik yang sering digunakan di rumah adalah lemari es atau kulkas,yang mana lemari es ini banyak sekali manfaatnya. Sebenarnya apa sih arti dan Cara Kerja Kulkas?,berikut uraian selengkapnya.

Kulkas atau biasa disebut dan dikenal dengan nama lemari es adalah sebuah alat pendingin. Sebuah peralatan rumah tangga yang digunakan untuk menjaga suhu beberapa derajat di atas titik beku air.  Kisaran suhu optimum untuk penyimpanan makanan yang mudah busuk adalah 3 sampai 5 ° C (37 sampai dengan 41 ° F). Sebuah perangkat serupa yang mempertahankan suhu di bawah titik beku air disebut sebagai freezer.

pricebook.co.id

Manfaat dari lemari es ini adalah untuk menyimpan makanan agar lebih awet, untuk membuat es,dan tempat menyimpan makanan agar lebih rapih.

Namun seketika saya terfikir kenapa ya lemari es bisa dingin?. jawabanya adalah kita harus kenal bagaimana sistem kerja dari lemari es,berikut cara kerja lemari es.

Cara Kerja Kulkas Atau Lemari Es

Dikutip dari belajarsampaimati.com

Sistem kerja lemari es dimulai dari bagian kompresor, yang merupakan jantung kulkas yang berfungsi sebagai tenaga penggerak. Pada waktu dialiri listrik, motor kompresor akan berputar dan memberikan tekanan pada bahan pendingin (refrigerant). Jika diberi tekanan, bahan pendingin yang berwujud gas akan menjadi gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi (panas). Kemudian, hasil proses tersebut ditekan masuk ke kondensor (alat untuk mengubah uap menjadi air) dengan cepat.

Ketika masuk ke kondensor, gas tersebut segera bereaksi mencari kesetimbangan energi dengan segera melepaskan panas dirinya ke udara luar atau sekitar, untuk mendinginkan diri. Hal itu menyebabkan terjadinya proses sublimasi (perubahan wujud dari gas menjadi cair). Bagian kondensor kemudian membantu gas panas itu menjadi cepat dingin. Hasil sublimasi itu lalu akan terdorong menuju pipa kapiler, naik menuju evaporator.

Saat berada di dalam evaporator, refrigerant cair akan menguap, dan wujudnya kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu yang sangat rendah (dingin). Gas itulah yang ditiup keluar oleh evaporator-blower sebagai udara dingin yang ada di dalam lemari es kita. Banyaknya udara dingin yang keluar itu juga bisa diatur menggunakan saklar termostat manual yang ada di lemari es.

Selain untuk kebutuhan rumah tangga lemari es ini juga menjadi salah satu penunjang untuk usaha kecil dan menengah seperti penjual es. Dan juga usaha-usaha lain yang membutuhkan agar makanan bisa bertahan lama.

Jika berdasarkan jumlah pintu lemari es terdiri dari dua yaitu lemari es satu pintu dan dua pintu. Lemari es satu pintu memiliki kelemahan atau kekurangan yaitu sering terdapat bunga es sehingga harus sering dibersihkan. Cara membersihkan bunga es pada lemari es satu pintu bisa dibaca pada postingan 5 langkah cara membersihkan bunga es pada kulkas.

Jika membicarakan harga sangat bervariasi tapi untuk sekarang ini lemari es cukup terjangkau itu bisa terlihat semakin banyaknya penggunaan lemari es yang semakin banyak. Lemari es sekarang tidak hanya dilihat untuk fungsinya saja melainkan sudah merupakan gaya hidup terutama di perkotaan.

Demikianlah artikel kali ini tentang Cara Kerja Kulkas atau lemari es kenapa bisa dingin semoga bisa bermanfaat.

Source img


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *