Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kecil

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kecil- Sebelum kita membahas tentang manfaat digital marketing, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu digital marketing. Singkatnya, digital marketing merupakan strategi untuk dapat meningkatkan awareness, interest, sales dan repurchases dengan menggunakan berbagai macam media digital. Pemasaran digital bukan hanya tentang iklan Facebook, konten Instagram, SEO, atau sejenisnya.

Apapun aktivitas yang relevan dalam proses dari tidak mengetahui produk / merek hingga menjadi pelanggan setia secara digital, bisa dikatakan Digital Marketing. Sedangkan pembeda mendasar antara pemasaran digital dan pemasaran tradisional adalah penggunaan teknologi, dimana pemasaran tradisional cenderung bersifat offline atau menggunakan media massa seperti tv, radio dan sejenisnya.

Pemasaran digital sekarang sangat penting, bahkan untuk bisnis kecil. Digital marketing memberikan begitu banyak keuntungan yang jika dilewatkan maka usaha yang Anda lakukan akan menyia-nyiakan banyak sekali potensi yang bisa didapat. Lalu apa saja keunggulan digital marketing dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Cakupan luas

Manfaat digital marketing yang pertama adalah coverage, bayangkan jika Anda melakukan aktivitas offline seperti pameran. Anda hanya bisa menjangkau orang-orang yang datang ke pameran. Berbeda dengan pemasaran digital, pemasaran digital dapat menjangkau siapa saja yang menggunakan komputer / laptop atau perangkat smartphone. Tidak hanya di Indonesia, kamu juga bisa go internasional. Jika Anda ingin menargetkan ke luar negeri, Anda juga dapat membuat beberapa penyesuaian pada iklan Anda.

Kesadaran

Dengan menggunakan berbagai macam digital marketing, Anda dapat meningkatkan awareness produk / brand Anda kepada publik. Jika Anda memiliki bisnis atau produk baru, Anda dapat memperkenalkannya dengan cara yang lebih mudah dan lebih luas melalui pemasaran digital. Influencer akan memberikan review produk Anda di feed atau story mereka. Dengan memilih influencer yang tepat, Anda akan menemukan pembeli awal Anda dengan cepat dan luas.

Apakah Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Kecil?

Beli peluang 24 jam sehari dan 7 hari seminggu

Dengan memiliki digital marketing yang baik, Anda bisa mendapatkan order tanpa harus mengenal kata close shop. Ketika seseorang mencari barang dan menemukan produk Anda, mereka dapat mengakses produk itu. Jika di toko offline, saat toko Anda tutup, orang tidak bisa bertanya, apalagi melakukan pembelian. Dengan pemasaran digital, Anda tidak akan kehilangannya. Dengan fitur Tokopedia yang memberikan waktu 1-2 hari bagi Anda untuk memproses pesanan, Anda dapat mengirimkan pesanan di pagi hari.

Mulai dari Rp 20.000

Menurut Anda, berapa biaya untuk memasang iklan di TV? tentu saja setidaknya puluhan juta bahkan milyaran untuk iklan di acara TV populer. Iklan digital marketing dikenal sangat terjangkau, Anda tidak membutuhkan budget yang besar untuk mulai mengiklankan produk Anda. Anda bisa meningkatkan jangkauan konten Anda mulai dari Rp 20.000 per hari, sangat terjangkau dibandingkan dengan iklan di media lain.

Terukur

Saat Anda melakukan pemasaran digital, semuanya terjadi secara digital, meninggalkan data. Data ini sangat penting untuk mengukur tingkat keberhasilan iklan atau kampanye Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan datanya dengan tepat, Anda sedang berlayar tanpa kompas.

Sedangkan ketika Anda menggunakan iklan dalam Digital Marketing, Anda tidak dapat mengukur secara akurat jumlah orang yang melihat iklan Anda. Dengan memiliki akses data ini, Anda dapat mengolahnya menjadi informasi penting, misalnya apakah harga ikan mengalami penurunan atau kenaikan dari periode sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.