Menambahkan Plugin di WordPress.

Sahabat Penulisonline.com pada artikel kali ini Penulis akan menulis tentang cara menambahkan plugin di wordpress. Plugin yang akan dijadikan contoh pada artikel ini adalah Yoast SEO. Yoast SEO ini fungsi utamanya untuk meningkatkan SEO pada wordpress. Dengan memasangnya artikel yang kita akan dianalisa untuk apa saja yang kurang agar sesuai dengan yang disukai oleh search engine. Dengan harapan setelah mengikuti sarannya akan meningkatkan rangking di Google terhadap setiap artikel yang dibuat. Analisa untuk artikel yang direkomendasikan dari plugin ini seperti keterbacaan artikel,sarang menambahkan sub heading,menambahkan keterangan gambar pada artikel,pengaturan Site map,breadcump dll.

Cara Menambahkan Plugin di wordpress.

  1. Masuk ke area admin wordpress Anda dengan cara klik di bar domainanda.com/wp-admin/.
  2. Jika sudah masuk area admin lihat di sebelah kiri cari Plugin dan pilih Tambahkan Baru.
  3. Pada halaman Tambahkan Plugin ada dua pilihan untuk menambahkan plugin yaitu upload plugin berupa format file.zip atau cari dengan kata kunci (nama plugin atau kata kunci misalnya SEO). Penulis memilih cara dengan memasukan kata kunci karena lebih mudah. Jika sudah memasukan nama atau kata kunci plugin akan tampil hasil dari pencarian tersebut. Karena kita akan menginstall plugin seo yoast ketik di kolom pencarian yoast.
  4. Untuk memasang plugin tersebut klik “pasang sekarang” tunggu beberapa saat. Jika ingin langsung mengaktifkan klik aktivkan.
  5. Sekarang plugin Yoast sudah terinstall di wordpress Anda,namun plugin tersebut harus di setting sesuai dengan instruksi plugin tersebut.

Setting plugin yang sudah terinstall sesuai dengan tutorial installlasi biasanya sudah di sediakan oleh pengembang plugin tersebut.

Contoh pengaturan Plugin Yoast Seo.

  1. Pada halaman admin klik plugin disini yoast seo kli general.
  2. Yoast seo kebetulah sesaai dengan petunjuknya ada 12 langkah.
    • Pilih configure yoast seo.
    • Pilih sesuai keadaan situs atau blog Anda sudah siap di index mesin pencari atau sedang dalam perbaikan. Klik Next.
    • Jenis situs Anda misalnya “A Blog”.
    • Pilih jenis situs perusahaan atau personal. Pilih Person jika blog yang mengelola Anda sendir dan kasih nama. Klik Next.
    • Social profiles,jika sudah membuat halaman sosial untuk blog Anda dapat menambahkannya pada halaman ini dengan cara masukan url untuk meuju ke media sosial blog Anda. Kalau belum buat social profile bisa skip terlebih dahulu dengan langsung klik next.
    • Search engine visibility, keterlihatan post atau halaman di search engine klik yes untuk post atau pun halaman. klik next.
    • Multiple aouthor. Apakah situs blog Anda terdiri dari banyak Penulis atau tidak. Isi sesuai dengan kebutuhan dan klik Next.
    • Google search console. Klik get google autrhoritazion code.Pilih akun>>izinkan>>salin kode>>salin paste>>authentice>>pilih profile. Pilih nama sesuai dengan domain yang tersedia. Klik next.
    • Pada Title setting pilih simbol pemisah apakan menggunakan default (-),(I) atau bentuk lain sesuai dengan keinginan. Klik next.
    • News letter untuk mendapatkan informasi terbaru tetang plugin yoast seo. Klik next jika ya.
    • Klik next close untuk menutup dialog.
  3. Pemasangan dan pengaturan plugin Yoast Seo sudah selesai.

Perlu diketahui untuk setiap plugin pengaturannya berbeda-beda,disesuaikan dengan pluginnya. Dan info tambahan juga terkadang ada beberapa plugin yang tidak membutuhkan pengaturan lanjutan. Dari beberapa plugin seperti yang saya ketahui ada yang menyediakan akun premium atau berbayar untuk meningkatkan pelayanan dari penyedia plugin

Cara upload file.zip penulis belum pernah melakukannya jadi belum bisa memberikan contohnya nanti di kesempatan lain diupdate. Secara singkatnya sih file plugin tersebut di download dan disimpan di komputer terlebih dahulu dalam format.zip, lalau upload plugin dan install.

Ok sekian update postingan penulis online tentang cara Menambahkan Plugin di WordPress untuk minggu ini semoga tutorialnya berhasil.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *