Minggu Ke Dua Menambahkan Blog Ke Google Search Console

Pada postingan kali ini tepatnya minggu kedua Penulis melanjutkan tutorial membuat blog untuk Pemula. Judul postingan kali ini ialah tutorial menambahkan blog ke Google Search Console. Google Search Console ini banyak sekali manfaat yang bisa kita gunakan secara gratis untuk melihat data situs. Beberapa menu atau manfaat yang dapat kita gunakan di Google Search Console contohnya Kinerja Situs,inspeksi URL,Liputan,Peta situs,Melihat kebergunaan Selular,AMP dll.

Tampilan Google search console.

Gambar di atas merupakan tampilan laporan Google Search Console yang dapat kita lihat di sebelah kiri ada beberapa menu yang bisa di manfaatkan,berikut sedikit ulasannya.

  1. Sekilas, Pada halaman utama ini merupakan laporan dengan menyajikan data sekilas kinerja situs,Liputan,kebergunaan selular dan AMP.
  2. Kinerja jika Anda klik akan menampilkan data: Total tayangan,Total Klik,CTR Rata-rata dan posisi rata-rata postingan situs.
  3. Inspeksi URL,Untuk memeriksa URL Lebih lengkapnya penulis juga belum mendalami fungsinya nanti di update.
  4. Liputan,menampilkan data index Url seperti kesalahan,validasi dengan peringtan,valid dan dikecualikan.
  5. Peta situs, Anda dapat meletakan peta situs yang sudah dibuat disini.
  6. Penyempurnaan, kebergunaan selular menampilka data url valid,peringatan url versi selular. Serta versi Amp jika blog Anda mengguakan versi AMP.
  7. Tindakan manual dan keamanan data masalah situs dan keamanan harusnya tidak ada masalah.
  8. Tautan,untuk melihat data tautan internal,ekstrnal,situs tertaut teratas dan teks tertaut teratas.
  9. Jika mengklik pengaturan akan menampilkan veryfikasi kepemilikan,pengguna dan izin.

Bagaimana cara Menambahkan Blog Ke Google Search Console dengan blog Kita?

Caranya cukup mudah pertama-tama kita memunyai alamat email(akun google) untuk mendaftar ke Google search console,jika sudah mempunyai akun,tinggal tambahkan property di GSC(Google Search Console). Dengan cara klik pada domain yang sudah disebelah kiri lalu tambahkan property.

Jika sudah mempunyai domain yang sudah terhubung dengan Google Search Console tinggal tambahkan dengan cara meng klik domain yang sudah ada lalu tambahkan,masukan nama domain persis misalnya http atau https nya juga dimasukan. Tunggu hingga muncul halaman veryfikasi kepemilikan. Untuk memveryfikasi kepemilikan penulis memilih dengan cara mengupload kode HTML ke situs melalui cpnel..

Klik download simpan di komputer untuk menyimpan kode HTML nya. Sekarang masuk ke cpanel dengan cara ketik di bar domainanda.com/cpanel/ lihat username dan pasword di email ketika pembelian domain dan hosting.

Pada halaman cpanel ketik File Manager>>Publick HTML. Dan letakan kode tadi di sini dengan cara sebagai berikut:

ketik upload seperti digambar,lalu tampil halaman baru klil Select File,pilih kode HTML Yang sudah di download tadi. Reload pada cpanel dan klik veryfikasi.

verifikasi property berhasil.

Seperti terlihat digambar kepemilikan telah selesai diveryfikasi,agar tetap te rveryfikasi jangan hapus kode tadi sekarang Buka properti untuk melihat data ,namun isinya masih kosong karena belum mengambil data dari situs blog kita. Ditunggu saja beberapa hari,Sekarang blog Anda sudah terhubung dengan Google search console yang nantinya kita dapat melihat data situs seperti yang sudah di ulas sedikit di atas.

Sekian postingan Menambahkan Blog Ke Google Search Console,semoga berhasil.

Baca juga : Cerita ketertarikan penulis online membuat blog.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *