Panduan Lengkap Digital Marketing di Indonesia

Panduan Lengkap Digital Marketing di Indonesia – Seri sebelumnya membahas tentang gambaran saluran pemasaran online, serta cara memprioritaskan upaya pemasaran online Anda pada saluran yang lebih sesuai dengan sifat bisnis Anda. Pada artikel ini, kami akan membahas saluran organik.

Optimasi Mesin Pencari

SEO, yang merupakan singkatan dari “Search Engine Optimization”, adalah cara untuk meningkatkan visibilitas Digital Marketing sebuah website dalam hasil pencarian organik (gratis) mesin pencari, khususnya Google.

Penting untuk memahami perbedaan antara hasil organik atau hasil berbayar, karena setiap hasil penelusuran benar-benar independen dan tidak dapat disamakan. Dalam menjalankan SEO, target Anda adalah mencapai peringkat tertinggi dalam hasil organik, dan bukan hasil berbayar.

Perusahaan seperti apa yang harus berinvestasi dalam SEO

SEO adalah salah satu saluran pemasaran paling berpengaruh, memiliki skalabilitas tinggi, dan dapat digunakan oleh hampir semua jenis bisnis. Memulai membutuhkan banyak pekerjaan dan saluran sangat sulit untuk dikuasai sepenuhnya. Namun, jika Anda berhasil melakukannya, itu akan menjadi salah satu pilar utama pemasaran online Anda.

Sumber Daya Untuk Mempelajari SEO

Di Internet, ada banyak sekali konten tentang SEO yang tidak bisa dipercaya dan bisa mengajarkan Anda hal-hal yang salah. Sumber daya terbaik di Internet untuk mempelajari dasar-dasar SEO adalah “Panduan Pemula untuk SEO” oleh Moz. Kami menyarankan Anda membaca bab pertama, SEO 101, yang akan memberi Anda gambaran umum tentang apa itu SEO dan mengapa SEO sangat penting untuk semua jenis perusahaan online.

Media Sosial Organik

Saat Anda melihat perusahaan memposting di halaman Facebook mereka atau membagikan Kisah Instagram, Anda sedang melihat pemasaran media sosial mereka. Setiap konten yang diterbitkan di media sosial dianggap sebagai bagian dari pemasaran media sosial perusahaan. Di Indonesia khususnya, media sosial adalah hal yang sangat besar, dengan lebih dari 130 juta pengguna media sosial aktif, atau setara dengan 50% dari total penduduk Indonesia.

Apa Saja Panduan Lengkap Digital Marketing di Indonesia?

Sementara itu, untuk statistik dan tokoh penting lainnya terkait media sosial di Indonesia, kami sarankan Anda mengunjungi “Indonesia digital landscape 2018” buatan Hootsuite dan kami sosial. Untuk media sosial, sangat penting untuk membedakan antara posting media sosial organik dan iklan media sosial (berbayar). Saat ini, jika Anda melihat kiriman dari sebuah perusahaan di Facebook, Anda hampir selalu dapat melihat iklan berbayar atau kiriman bersponsor.

Perusahaan Apa yang Harus Berinvestasi di Media Sosial Organik?

Media Sosial Organik adalah saluran yang bisa sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran merek perusahaan-perusahaan ini. Namun, ketika digunakan untuk meningkatkan lalu lintas atau meningkatkan penjualan, media sosial organik memiliki efek yang terbatas. Ini khususnya terjadi di Facebook di mana jangkauan posting organik sangat terbatas.

Mengapa seperti itu?

Saat perusahaan Anda memublikasikan postingan di Facebook atau Instagram, hanya sebagian kecil orang yang dapat melihatnya. Kecuali, Anda menginvestasikan sebagian dari modal Anda untuk mensponsori posting Anda. Ini adalah cara Facebook untuk memaksimalkan investasi dari perusahaan dalam platformnya serta keuntungannya. Jika Anda ingin strategi media sosial Anda berdampak besar, Anda harus mulai membeli iklan.

Email Pemasaran

Pemasaran email adalah saluran Digital Marketing yang biasanya merupakan bagian dari CRM (Customer Relationship Management) yang lebih luas di dalam perusahaan. Seperti namanya, pemasaran email menggunakan email sebagai saluran untuk berinteraksi dengan calon pelanggan serta pelanggan saat ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.