Panduan Lengkap Digital Marketing untuk Pemula

Panduan Lengkap Digital Marketing untuk Pemula- Di seri sebelumnya, kita membahas pandangan umum tentang berbagai jenis saluran berbayar. Pada artikel ini, kita akan membahas Analisis Digital. Analisis Digital adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif dari situs web Anda dan pesaing Anda untuk mendorong peningkatan berkelanjutan dari pengalaman online yang dianggap pelanggan dan calon pelanggan Anda sebagai hasil yang Anda inginkan.

Salah satu alasan Digital Marketing sangat berguna adalah karena keterlacakan dan keterukurannya. Ini dapat digunakan untuk menghitung apakah strategi pemasaran Anda berhasil atau tidak, dengan tingkat presisi dan waktu nyata yang tinggi. Kemampuan menghitung Return-on-Investment (ROI) dari setiap saluran pemasaran online dan setiap pengeluaran masih dimungkinkan di dunia maya.

Namun, di dunia nyata, itu akan sangat sulit dilakukan. Dari tahun ke tahun, ada platform digital marketing yang semakin populer dan digunakan oleh semua jenis bisnis, baik besar maupun kecil, untuk melacak interaksi pengguna di website perusahaan. Selama bertahun-tahun, kami menyadari bahwa banyak pemasar digital dengan pengalaman bertahun-tahun tidak sepenuhnya memahami cara kerja Google Analytics (GA).

Mereka tidak mengerti arti dari “pelacakan situs web”. Berdasarkan pengalaman kami, kami percaya bahwa memahami cara kerja GA sejak awal sangat berharga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca penjelasan dari Google di tautan ini.

Laporan Utama di Google Analytics

Di Google Analytics, ada 4 jenis laporan. Mampu memahami arti dan kegunaan masing-masing laporan dan perbedaannya akan memberi Anda dasar yang kuat untuk memahami analitik sebagian besar situs web dan aplikasi.

Laporan Audiens

Laporan audiens berisi laporan yang akan membantu Anda memahami karakteristik pengunjung situs Anda. Misalnya, negara atau kota mereka saat mengakses situs Anda, teknologi yang mereka gunakan. Secara umum, Laporan Audiens sangat berguna untuk melihat apakah demografi pengguna Anda berubah dari waktu ke waktu, tetapi Anda tidak boleh melihatnya setiap hari.

Apa Panduan Digital Marketing Lengkap untuk Pemula?

Laporan Akuisisi

Laporan Akuisisi mungkin merupakan laporan yang paling penting dan dapat ditindaklanjuti di GA. Oleh karena itu, Anda harus memahami laporan ini dengan baik. Laporan ini memberi Anda informasi yang Anda butuhkan tentang sumber yang menarik pengguna internet ke situs web Anda. Apakah Anda ingat saluran akuisisi yang telah dibahas di bagian pertama?

Di saluran akuisisi, Anda akan mengetahui bagaimana kinerja setiap saluran dan seberapa besar kontribusinya ke aplikasi atau situs web Anda. Untuk penjelasan lengkap Laporan Akuisisi, tonton video singkatnya.

Laporan Perilaku

Ketika seseorang mengunjungi situs web Anda melalui saluran akuisisi apa pun, apa yang mereka lakukan? Bagaimana mereka berinteraksi dengan situs web atau aplikasi Anda? Berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk browsing, halaman mana yang mereka kunjungi? Anda dapat melihat jawaban atas pertanyaan ini dan pertanyaan lainnya di Laporan Perilaku.

Laporan Konversi adalah laporan yang sangat penting. Namun, laporan Digital Marketing sedikit lebih rumit sehingga akan lebih sulit untuk menguasai Laporan Konversi sepenuhnya. Pada awalnya tidak ada konversi yang akan dilacak oleh Google Analytics karena konversi sangat bergantung pada jenis bisnis Anda. Konversi dapat berupa pengunjung yang mendaftar ke buletin Anda, membeli item, atau apa pun yang dapat menambah nilai bisnis Anda. Untuk mulai melacak konversi, Anda harus membuat “tujuan” terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.