Perkembangan Digital Marketing di Indonesia

Perkembangan Digital Marketing di Indonesia – Saat ini digital marketing semakin berkembang di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, digital marketing telah menyita banyak perhatian. Hal ini sejalan dengan perkembangan dunia digital di Indonesia yang semakin berkembang.

Sehingga digital marketing tidak terhalang dan menempati posisi penting. Perkembangan digital marketing di Indonesia memang patut untuk dijajaki. Inilah salah satu hal penting bagi Anda yang berkecimpung di dunia digital marketing. Perkembangan digital marketing bisa menjadi tolak ukur yang baik untuk strategi digital marketing yang akan Anda terapkan.

Perkembangan Awal Digital Marketing

Pertama, kita akan membahas perkembangan awal internet. Pada tahun 1980-an, tercatat perkembangan internet lahir di dunia. Ini kemudian berkembang dari tahun ke tahun. Sampai tahun 1986 ada standardisasi SQL oleh ANSI dari Amerika Serikat. Perkembangan komputer saat itu masih sangat terbatas. Tentunya semuanya berbeda dengan kondisi komputer saat ini. Produk yang dihasilkan juga masih sangat terbatas. Perusahaan menyajikan produk terbatas yang dapat mereka buat. Para penggunanya masih terbatas di kalangan militer.

Menjelang Tahun Lalu Tentang Digital Marketing

Istilah digital marketing pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990. Saat itu istilah digital marketing muncul di masyarakat. Ini dimulai dengan mesin pencari bernama Archie. Dari mesin inilah muncul ide world wide web (WWW). Setelah Archie lahir dan WWW, dunia maya semakin terekspos.

Kemudian dalam 2 tahun muncul berbagai promo banner sebagai iklan online. Saat diklik, spanduk ini akan membawa Anda ke postingan produk yang dipromosikan. Di era yang sama, e-commerce juga lahir. Saat itu, e-commerce pertama adalah Yahoo. Berbagai belanja online hadir dan diakomodasi oleh Yahoo. Saat itu internet di Indonesia mulai bekerja. IndoNet menjadi ISP komersial pertama yang didirikan pada tahun 1994.

Perkembangan Berati

Era ini merupakan era yang mengalami perkembangan signifikan dalam dunia digital marketing. Saat ini, berbagai layanan online lahir dan mengakomodir kebutuhan penggunanya. Tidak hanya di era software, dunia hardware juga mengalami peningkatan. Hal ini juga berpengaruh pada perilaku masyarakat terhadap dunia digital.

Saat itu, pembelian melalui media digital mulai banyak digunakan. Termasuk di Indonesia. Mungkin di era sekarang ini banyak sekali promosi yang dilakukan melalui media sosial seperti facebook atau myspace.

Meledaknya Dunia Digital Marketing

Tren digital terus merayap, disini perkembangan digital marketing di Indonesia juga memberikan trend yang positif. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya platform digital marketing yang digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Apalagi dengan semakin beragamnya platform digital marketing yang membuat promosi digital marketing semakin mudah. Maka tidak heran jika era ini akan menjadi era perkembangan digital marketing yang begitu pesat.

Kondisi Pemasaran Digital Saat Ini

Saat ini pemasaran digital telah mengalami perkembangan yang pesat. Banyak promosi yang bertebaran di dunia digital yang dapat dengan mudah kita akses di Internet. Perusahaan di Indonesia mulai merambah pemasaran digital. Banyak teknik pemasaran digital mulai dipelajari. Semuanya tentunya memiliki tujuan yang sama, untuk menjaring sebanyak mungkin pelanggan dari digital marketing.

Itulah fase perkembangan digital marketing di Indonesia. Fase-fase yang ada tentunya bisa menjadi bekal kita untuk merambah dunia digital marketing. Selain memahami sejarah digital marketing, Anda juga harus memahami keterampilan menguasai dunia digital marketing. Sehingga keuntungan yang maksimal bisa didapat dari sini.

Gambar oleh Joseph Mucira dari Pixabay

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.