Persyaratan terpenting agar konten apa pun yang Anda buat dapat menjadi viral adalah konten itu layak dibagikan. Semakin banyak orang yang ingin membagikan konten yang Anda buat, semakin besar kemungkinan konten tersebut menjadi viral.

Namun kenyataannya, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Membuat konten viral tidaklah mudah. Tidak ada aturan tegas tentang bagaimana konten menjadi viral. Dan tentunya belum ada teknik jitu untuk membuat konten tersebut menjadi viral.

Tetapi masih ada karakteristik tertentu yang dimiliki oleh sebagian besar konten viral. Ini dapat memberi Anda wawasan dan pengetahuan baru untuk membuat konten viral.

Pada kesempatan bagus kali ini, kami akan membagikan teknik membuat konten viral paling efektif yang bisa menarik perhatian orang banyak. Penasaran dengan tekniknya? Yuk, simak di bawah ini.

Buat judul yang menarik

Untuk mendapatkan perhatian banyak orang, elemen terpenting yang perlu Anda buat adalah judul yang menarik. Karena judul konten adalah hal pertama yang akan langsung dilihat orang. Jadi, Anda perlu menulis judul yang menarik perhatian yang dapat mendorong pengunjung untuk membaca atau menonton konten yang Anda buat.

Berikut beberapa teknik untuk menulis judul yang efektif untuk konten Anda:

  • Gunakan angka dalam judul Anda untuk mendapatkan lebih banyak klik.
  • Ajukan pertanyaan yang dapat dipahami audiens Anda.
  • Jaga agar judul tetap pendek tapi ringkas dan jelas
  • Gunakan frasa yang menarik.
  • Gunakan kata kunci yang Anda targetkan.

Menulis judul yang bagus adalah bagian penting dalam membuat konten viral. Dan itulah mengapa Anda harus memberi perhatian khusus pada judul konten Anda.

Buat Konten Singkat Tapi Jelas

Konten yang tidak terlalu panjang tentu lebih mudah untuk dipahami dan dibagikan, oleh karena itu peluangnya untuk menjadi viral lebih tinggi. Dengan konten yang panjang dan banyak teks, orang seringkali cenderung kehilangan minat untuk membacanya.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan konten yang tidak terlalu panjang untuk konten teks dan video Anda, sehingga lebih mudah untuk dibaca atau ditonton dan dibagikan.

Gunakan Gambar yang Menarik Perhatian

Hampir semua konten viral sudah menjadi populer sejak awal karena menggunakan visual atau gambar yang menarik. Meskipun konten tertulis juga penting dalam pemasaran viral, ini cenderung menjadi visual yang bagus yang dapat membantu mendorong keterlibatan dan juga mendorong pengunjung untuk membagikan konten Anda.

Untuk konten artikel, gambar terpenting terletak di header, karena selalu ditempatkan paling atas. Gambar ini juga akan menyertai artikel saat Anda membagikannya di media sosial, menjadikannya sama pentingnya dengan judul utama untuk mewakili konten Anda dan tidak memberi alasan kepada penonton untuk tidak mengkliknya.

Selain itu, gambar yang Anda sisipkan di konten lain juga menambah kredibilitas konten tersebut, meskipun hanya relevan secara abstrak. Pastikan Anda menghindari gambar stok klise.

Bagikan Konten

Banyak pengiklan berpikir bahwa konten yang bagus akan memasarkan dirinya sendiri sampai batas tertentu, dan ini benar. Namun tidak ada salahnya jika Anda memulai, karena dapat secara aktif mendorong orang untuk membagikannya. Cara termudah untuk mempromosikan berbagi adalah dengan mengintegrasikan tombol berbagi ke media sosial.

Tombol bagikan memungkinkan orang dengan cepat membagikan konten yang mereka sukai di jaringan favorit mereka atau meneruskannya ke teman melalui email hanya dengan beberapa klik. Namun, memasukkan terlalu banyak tombol berbagi juga dapat membingungkan pengunjung. Oleh karena itu, gunakan tombol bagikan di setiap konten yang paling relevan.

Buat Konten yang Menarik untuk Dilihat

Saat seseorang melakukan pencarian di Google, mereka biasanya mencari jawaban yang cepat, ringkas dan relevan untuk pertanyaan mereka. Ketika seseorang membuka blog favoritnya, mereka biasanya mencari sedikit hiburan. Dengan demikian, konten artikel yang enak dipandang merupakan konten yang dapat menarik perhatian banyak orang, dimana seseorang yang melihatnya memiliki keinginan yang konstan untuk membacanya.

Penulis mungkin tidak terlalu senang dengan kenyataan bahwa kebanyakan orang hanya akan membaca karya mereka untuk memilih poin dan jawaban yang paling menarik bagi mereka, tetapi begitulah cara kerja audiens online. Menulis untuk Situs Web berbeda dengan menulis untuk media cetak dalam hal ini.

Selalu Dapat Diakses

Hal lain yang ingin Anda lakukan untuk membuat konten viral adalah selalu menghadirkan konten yang dapat diakses dengan mudah di semua platform yang terhubung ke jaringan internet. Namun jika ingin mengutamakan satu platform tertentu, kami menyarankan agar memilih platform seluler.

Tahukah Anda bahwa lalu lintas online di platform seluler telah melebihi lalu lintas desktop! Artinya, konten Anda harus mudah dibaca dan situs web Anda harus dapat dinavigasi dengan mudah di layar kecil. Untuk membuat konten Anda lebih mudah diakses, pastikan untuk menggunakan tema yang lebih responsif, ukuran teks besar, tipografi yang jelas, dan tata letak sederhana dengan banyak ruang kosong untuk menarik perhatian ke konten Anda.

Bangkitkan Emosi

Trik nomor satu untuk membuat konten viral adalah membuat sesuatu yang membangkitkan emosi audiens Anda.

Agar Anda berhasil dengan pemasaran konten viral, Anda perlu memahami psikologi konten viral. Meningkatkan antusiasme orang untuk membagikan konten Anda membutuhkan konten yang dapat membuat atau memicu reaksi emosional seseorang. Dengan kata lain, Anda perlu memublikasikan konten yang membuat orang bereaksi cukup kuat sehingga mereka akan membagikannya di jejaring sosial favorit mereka tanpa berpikir dua kali.

Topik yang paling sering dibagikan dan dibicarakan orang adalah topik yang luar biasa, lucu, keterlaluan, kontroversial, atau sekadar di luar kebiasaan. Reaksi terhadap konten viral tidak selalu positif, tetapi kunci untuk membuat konten viral adalah membangkitkan respons emosional.