Jeans memang cocok untuk berbagai keperluan, baik formal maupun kasual. Namun sangat disayangkan jika jeans yang kita gunakan menjadi rusak, karena kita salah saat mencucinya. Jika Anda tidak mengerti cara mencuci jeans dengan benar, cepat atau lambat celana Anda akan luntur dan rusak.

Hal tersebut pernah diungkapkan bos besar sebuah perusahaan jeans kelas dunia bahwa sangat penting untuk mencuci jeans yang tepat. Ada beberapa hal penting terkait perawatan celana jeang yang harus dipahami dan dilakukan jika ingin jeans Anda awet.

Sebelum mengetahui cara mencuci jeans sesuai anjuran, Anda juga membutuhkan beberapa tips jitu agar jeans Anda awet. Hal utama adalah jangan terlalu sering mencuci jeans. Kami menganjurkan agar Anda mencuci jeans Anda hanya setiap beberapa bulan, misalnya setiap enam bulan sekali.

Karena tidak disarankan untuk mencuci terlalu sering, maka jagalah jeans Anda tetap terjaga dengan baik. Misalnya, menjauhkan jeans dari potensi noda, tidak menggunakan jeans untuk hal-hal yang membuat tubuh terlalu banyak berkeringat, dan juga segera mengeringkannya saat basah atau terkena cairan.

Cara Mencuci Jeans Dengan Benar

Setelah mengetahui tips dasar dalam merawat jeans, sekarang saatnya mengetahui cara mencuci jeans agar awet. Agar lebih jelas, perhatikan uraian berikut:

Cuci dengan tangan

Saat memasukkan jadwal mencuci jeans, hindari menggunakan mesin cuci dan pilih menggunakan cara manual atau cara mencuci tangan. Cara ini akan membuat mesin cuci menjadi ringan dan tidak akan membuang banyak air.

Selain itu, hal terpenting adalah membuat jeans Anda terhindar dari potensi kerusakan. Pencucian dengan mesin dapat mengubah karakter jeans yang menyebabkan bahan jeans mudah patah dan cepat pudar warnanya. Beda jika menggunakan tangan karena gosokan bisa diatur agar tidak terlalu keras yang bisa melukai permukaan celana.

Menggunakan cuka

Cuka atau cuka yang biasa digunakan sebagai suplemen makanan ternyata menjadi bahan utama yang paling direkomendasikan untuk membersihkan jeans. Membersihkan celana baik saat membersihkan noda maupun saat jadwal mencuci, cuka merupakan pengganti detergen untuk membuat jeans bersih tanpa takut luntur.

Penggunaan detergen tidak hanya akan memudarkannya tetapi juga akan membuat permukaan jeans lebih cepat kusam dan rapuh. Namun memang, hingga saat ini banyak orang yang masih belum menggunakan cuka atau cuka untuk membersihkan celana jeans mereka, karena bau cuka yang menyengat. Padahal, saat sudah dikeringkan, jeans tersebut tidak lagi berbau cuka.

Teknik mencuci jeans yang benar

Setelah memahami cara mencuci dan bahan dasarnya, sekarang saatnya Anda mengetahui tekniknya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengguncang atau menarik jeans terlebih dahulu. Lakukan bolak-balik agar debu dan kotoran kering bisa hilang. Setelah itu baru masuk ke tahap pencucian.

Pertama, tuangkan cuka atau asam cuka ke dalam wadah berisi air dan siap digunakan untuk merendam celana. Kedua, masukkan jeans dan biarkan beberapa saat. Beberapa orang menyarankan untuk merendam celana hanya sekitar satu jam dan beberapa menyarankan dalam semalam.

Setelah direndam dalam air cuka, bilas jeans menggunakan air bersih lalu keringkan. Yang perlu diingat, teknik mengeringkan jeans bukan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena bisa cepat membuat celana cepat rapuh. Sebaiknya gantung saja dan biarkan mengering di tempat terbuka tanpa terkena sinar matahari langsung.

Tips Tambahan Merawat Jeans Agar Awet

Selain itu, ada juga beberapa tips tambahan yang juga penting agar jeans memiliki awet. Beberapa tip tambahan adalah sebagai berikut:

• Mendidik orang-orang di sekitar Anda

Jika Anda sudah berkeluarga, jangan lupa untuk berbagi atau mengedukasi perumah tangga untuk mengetahui cara merawat jeans dan cara mencucinya dengan benar. Apalagi jika Anda memiliki asisten rumah tangga, Anda perlu diberitahu untuk tidak terlalu sering mencuci jeans dan cara mencuci jeans yang benar.

• Menjaga jeans tetap segar dengan kelembapan

Terkadang masalah utama saat jeans Anda tidak ada dalam jadwal pencucian Anda adalah bau. Bau tersebut disebabkan oleh keringat atau debu. Agar tetap segar sembari menunggu jadwal pencucian, buatlah jeans agar Anda bisa mendapatkan kelembapan. Anda bisa menggantung celana Anda di air hangat agar uap meresap ke dalam celana.

• Gantung celana jeans saat tidak digunakan

Teknik aerasi jeans tidak hanya untuk mengeringkan jeans setelah dicuci. Celana juga perlu diangin-anginkan setelah digunakan. Cara ini harus dilakukan agar jeans tidak cepat berbau dan siap digunakan dalam jangka waktu berbulan-bulan.

Tips tambahan untuk penghuni rumah minimalis

cara mencuci jeans manual cara mencuci jeans dengan tangan cara mencuci jeans hitam agar tidak luntur cara mencuci jeans dengan garam cara mencuci jeans agar tidak melar cara mencuci jeans dengan cuka cara mencuci jeans jadi jangan luntur cara mencuci jeans agar tidak rusak

Jika Anda memiliki rumah dengan konsep minimalis yang memanfaatkan cahaya alami untuk masuk ke dalam rumah, maka perhatikan tempat menggantung jeans Anda. Tipe rumah minimalis yang justru akan membuat sinar matahari mudah masuk ke dalam rumah yang tentunya kurang baik untuk keawetan jeans.

Demikian uraian lengkap tips dan cara mencuci jeans dengan benar. Dengan memperhatikan semua cara mencuci jeans yang benar, Anda bisa berharap jeans Anda akan tetap tampil baru dan berkualitas untuk waktu yang lama.