Makanan Khas Betawi adalah salah satu ikon populer dari kota Jakarta. Ya, kota metropolitan dengan sejuta pesona. Meski hiruk-pikuknya seolah tak mati. Kota ini memiliki kudapan yang tentunya tak bisa terlupakan.

Terlebih soal kulinernya yang menggugah selera. Daftar makanan khas betawi antara lain, aneka kue kering, asinan betawi hingga kerak. Yang kenikmatannya bisa diadu, lho!

Bagi penyuka kuliner, makanan khas betawi ini wajib kamu jajaki ketika mampir. Selain menambah khasanah dan ragam makanan. Cita rasanya bakal bikin kamu ketagihan dan ingin menikmatinya lagi.

5 Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah

Meski makanan adalah asupan sehari-hari. Namun, menurut sejarah juga budaya, wajib untuk melestarikannya. Terlebih menu-menu lokal khas yang kini sedikit sulit untuk ditemui.  Berikut ini beberapa jenis kudapan khas Betawi yang mendekati langka. Yakin, sudah pernah pernah menjajal sensasi rasanya?

1. Roti Buaya

Roti Buaya

Roti ini sangat populer di kalangan orang Betawi. Merupakan simbol kesetiaan dalam prosesi pernikahan. Sehingga, roti ini wajib ada dalam acara tersebut. 

Tampilannya serupa hewan buaya lengkap dengan kulit yang bergerigi. Namun, teksturnya yang lembut membuat siapa saja akan menggemarinya. Paduan telur, tepung terigu serta bahan lain disulap apik menjadi kudapan nan lezat.

Kini, roti ini dijual bebas. Kamu bisa mendapatkannya jika berwisata atau berkunjung kemari. Paling enak jika menemukan gerai roti buaya ini. Tentu cita rasa zaman dulunya masih melekat. 

2. Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Kue kering dengan aroma wangi gula yang digoreng ini juga booming kala itu. Meski dinilai hampir punah, namun kamu masih bisa menikmatinya. Apalagi cara buatnya sangat gampang. Adonan dasar dari tepung beras, santan kental, telur, vanilla essence dan lainnya. Juga sangat mudah didapatkan.

Di toko kue tentu tersedia dengan jumlah yang banyak. Cetakannya kini juga bisa ditemukan di pasar-pasar atau swalayan. Jika beruntung, ada gerai atau penjaja kue yang menjual makanan ini.

Baca Juga : Aneka Kue Kering Khas Betawi

3. Kerak Telor

Kerak Telor

Makanan Khas Betawi ketiga ini mempunyai rasa gurih yang mantap. Selain itu, paduan karbohidrat juga protein. Yang berasal dari beras ketan, telur, abon, bumbu rempah dan bahan lain. Bakalan membuat makanan ini lebih juara di lidah.

Penjual umumnya memakai pikulan. Panggangan arang yang notabene digunakan sejak zaman dulu. Harganya, tergolong murah meriah. Tak elak, peminatnya juga tergolong banyak.

4. Nasi Ulam

Nasi Ulam

Nasi ulam memiliki tampilan berupa nasi yang dicampur dengan beragan bumbu dan rempah. Uniknya, ada campuran daun pegagan yang baik untuk nutrisi otak. Namun, karena tanaman ini sedikit susah ditemukan. Banyak yang kemudian menggantinya dengan sayuran. 

Ada pula kemangi dengan aneka bumbu yang khas dan berbeda. Kudapan ini masih dilengkapi dengan lauk-pauk lengkap. Seperti, tahu, telur dadar, tempe, kerupuk, hingga taburan kacang tanah. Wah, terlihat lezat dan menggoda ya?

5. Bubur Ase

Bubur Ase

Makanan khas Betawi yang hampir punah ini tentu sudah tak asing bagi kamu. Pecinta kuliner harusnya sudah jajal juga ya kudapan langka ini? Meski tampilannya mirip dengan bubur ayam, ada yang unik dari makanan ini. 

Ya, campuran berupa bubur putih, asinan juga siraman kuah semur. Lengkap dengan taburan kerupuk hingga emping. Membuat rasanya makin sip di lidah kamu. Bubur ase nikmat disantap sebagai sarapan atau sebagai menu harian. 

Rasa kuah semur yang bercampur dengan gurihnya bubur. Makin klop dengan asinan yang segar. Tertarik untuk menjajal kuliner langka satu ini?

Bagaimana, Daftar Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah ini, cukup membuat selera makan meningkat bukan? Cobain sensasi nikmatnya jika kamu berkunjung ke Jakarta, ya.