Tips Menghapus Artikel dan Gambar di Search Engine

Setiap website yang ditautkan ke mesin pencari seperti Google, Bing dan mesin pencari lainnya pasti akan muncul di hasil pencarian atau SERP.

Namun pernahkah Anda mengalami kejadian ketika Anda menghapus artikel atau gambar dari website karena alasan privasi atau hal lain, namun anehnya artikel atau gambar tersebut masih ada di mesin pencari (Google atau Bing). Anda juga bingung bagaimana cara menghilangkannya dari mesin pencari.

Silahkan simak artikel ini sampai akhir.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah artikel dan gambar Anda memasuki hasil pencarian (SERP).

Menggunakan plugin Rank Math WordPress

Nah bagi anda yang menggunakan WordPress sebagai platform untuk website anda, anda bisa menggunakan cara ini agar artikel atau gambar di website anda tidak muncul di mesin pencari Google.

Namun sebelumnya pastikan Anda sudah menginstall plugin Rank Math. Jadi kami menganggap Anda telah menginstal plugin di situs WordPress Anda. Namun jika belum terinstall, silahkan cek artikel Cara Install RankMath di WordPress.

Masuk ke menu Post-All Post. Setelah itu pilih Edit pada artikel yang tidak ingin muncul di search engine.

Kemudian pilih menu Advanced dan berikan checklist pada kotak no index dan no image index. Jika sudah tekan tombol update atau update dan tunggu beberapa hari.

Menggunakan Hapus URL Google Search Console

Mungkin Anda memiliki artikel atau konten yang tidak ingin Anda munculkan di hasil pencarian Google. Sekarang, salah satu alat yang bisa Anda gunakan adalah Hapus URL di Google Search Console.

Anda dapat memblokir URL di situs web Anda dan membuat Google berhenti mengindeks URL tersebut sehingga tidak muncul dalam hasil pencarian.

Namun, Anda harus terlebih dahulu memiliki akun Google Search Console untuk situs web tersebut agar dapat menggunakan alat ini. Jika Anda sudah menginstalnya, klik URL Penghapusan. Setelah itu akan muncul layar seperti di bawah ini dan pilih properti Anda.

Atau Anda juga bisa pergi ke Google Search Console – Penghapusan – Penghapusan Sementara. Kemudian pilih Permintaan Baru.

Setelah itu masukkan URL Anda. Klik Berikutnya dan Kirim Permintaan.

Nah, sebenarnya Anda juga bisa menghapus artikel di hasil pencarian menggunakan Hapus Konten Usang di Google Search Console.

Anda tinggal klik Remove Outdated Content dan akan muncul layar seperti di bawah ini. Klik Permintaan Baru.

Setelah itu masukkan URL yang ingin Anda hapus dari hasil pencarian atau ingin diblokir dan tekan Kirim. Anda juga dapat menyisipkan gambar yang ingin Anda hapus. Namun, harap diperhatikan bahwa Anda dapat menggunakan alat ini jika Anda telah menghapus /mengubah artikel, halaman, atau gambar di situs web. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk menghapus cache dan jika cuplikan artikel Anda di hasil penelusuran tidak diperbarui.

Menghapus URL di Google Menggunakan Yoast SEO

Nah cara ini mirip dengan cara yang pertama yaitu menggunakan Rank Math. Ya, ini adalah plugin di situs WordPress. Anda dapat menggunakan plugin ini jika situs web Anda berbasis WordPress.

Anda masih dapat menghapus atau memblokir URL di hasil pencarian meskipun Anda tidak memiliki akun Google Search Console.

Pertama Anda harus masuk ke halaman admin WordPress lalu instal Plugin Yoast SEO dan segera aktifkan. Setelah plugin Yoast SEO aktif, Anda bisa membuka artikel, postingan atau halaman yang ingin Anda hapus atau blokir dari hasil pencarian.

Gulir ke bawah dan pilih Pengaturan Lanjutan. Anda dapat memberikan centang pada bidang “Izinkan mesin pencari menampilkan Posting ini di hasil pencarian?” dan juga di bidang “Haruskah mesin telusur mengikuti tautan di Pos ini?”

Setelah itu simpan pengaturan dengan menekan tombol Update atau update.

Menggunakan file Robots.txt

Peringatan sebelum anda menggunakan cara ini perlu diketahui bahwa cara ini tidak disarankan karena dapat beresiko munculnya masalah SEO pada website. Namun, jika Anda sudah memahami robots.txt, tidak masalah untuk melakukan perubahan.

File robots.txt ini memberikan petunjuk tentang cara mengindeks situs web di mesin telusur.

Pertama, Anda masuk ke penyimpanan file situs web atau pengelola file Anda. Anda dapat login melalui cPanel dan mengakses File Manager. Cari file robot.txt lalu edit file tersebut seperti di bawah ini:


User-agent: *Disallow: /URL-halaman-website/
Ubah “URL-website-page” menjadi URL halaman di situs Anda yang ingin Anda hapus atau blokir dari hasil penelusuran Google.


Kesimpulan
Demikian tadi tutorial cara menghapus artikel dan gambar di mesin pencari Google. Tidak perlu khawatir lagi jika artikel atau gambar Anda tidak bisa hilang di mesin pencari Google, cukup gunakan langkah-langkah di atas.
Terimakasih sudah mengikuti kami sampai akhir artikel, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.

Gambar oleh jay88ld0 dari Pixabay