Dasar-dasar untuk Strategi Digital Marketing yang Efektif

Dasar-dasar untuk Strategi Digital Marketing yang Efektif- Strategi pemasaran digital yang efektif dapat sangat menentukan keberhasilan Anda dalam mencapai tujuan kampanye, terutama dalam ekosistem digital yang dinamis ini. Para pemain industri yang bermain juga dituntut untuk bisa mengantisipasi segala kemungkinan yang mungkin terjadi. Pada artikel Digiads kali ini, kami mencoba menyajikan enam dasar untuk menjalankan kampanye pemasaran digital yang efektif mengacu pada Digital Marketing Institute dan sumber kredibel lainnya.

Perencanaan

Agar tujuan kampanye terpenuhi atau setidaknya tidak mengecewakan – Anda harus merencanakan konten dengan cermat. Anda bisa memulainya dengan merancang strategi Digital Marketing dari menentukan audiens yang ingin Anda targetkan. Selain itu, penting juga untuk mengukur kapasitas bisnis yang Anda kembangkan agar tujuan yang ingin Anda capai dapat ditetapkan secara realistis.

Kemudian, Anda perlu melakukan analisis data tentang audiens yang akan Anda targetkan. Untuk ini, variabel yang digunakan juga cukup luas. Misalnya dari intensitas audiens dalam mengonsumsi internet, situs favorit, waktu aktif bermain media sosial, dan lain-lain. Mengetahui segmentasi semacam ini saat membuat perencanaan akan sangat membantu Anda dalam menentukan pemasaran konten yang tepat.

Susunan acara

Jika media sosial adalah platform utama strategi pemasaran digital Anda, perlu diingat bahwa setiap platform memiliki karakteristiknya sendiri. Instagram misalnya, tampilan feed yang sebelumnya berdasarkan kronologi telah berubah menjadi berbasis algoritma sejak tahun 2016. Yaitu, apa yang akan muncul saat Anda membuka postingan feed Instagram “recent” atau recent dan yang terkait dengan relasi atau minat Anda. .

Kata kunci

SEO memang merupakan aspek penting dari konten digital. Salah satu cara mengoptimalkan SEO adalah dengan membuat kata kunci (keywords) yang sedang trending atau sangat umum digunakan. Namun, perlu diketahui bahwa kualitas konten yang minim juga dapat memengaruhi merek yang Anda bangun. Ada banyak kasus ketika kata kunci yang sedang tren digunakan hanya untuk melengkapi konten ke permukaan.

Apakah Dasar-dasar untuk Strategi Digital Marketing yang Efektif?

Kata kunci di dunia digital memang penting. Namun, konten yang Anda tampilkan juga memengaruhi bagaimana audiens atau pelanggan Anda menggambarkan merek Anda. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan kata kunci dan pastikan cocok dengan konten yang Anda buat. Untuk video dan foto, pastikan tidak lupa menggunakan tag ALT, deskripsi meta, dan mengisi nama file.

Variasi Konten

Semakin banyaknya pengguna internet dan media sosial di Indonesia membuka peluang luas bagi para pemasar untuk membidik lebih banyak khalayak. Dengan karakteristik media sosial yang bervariasi, hal yang perlu dipikirkan saat merancang strategi kampanye adalah visi multi platform.

Integrasi konten ke berbagai saluran media sosial telah menjadi tren pemasaran akhir-akhir ini. Potensi audiens yang bisa menjadi target akan semakin beragam. Milenial, ibu rumah tangga, eksekutif, komunitas, semua segmen ini punya preferensi masing-masing. Konten juga tidak selalu disajikan dalam format foto dan video biasa.

Periksa ombaknya

Setelah konten Anda didistribusikan di berbagai saluran media sosial Digital Marketing, langkah selanjutnya tentu saja mengamati bagaimana strategi Anda bekerja. Dari pengamatan ini Anda dapat melihat pola unik dari setiap platform. Bisa jadi konten Anda di Facebook mendapat lebih banyak komentar daripada di LinkedIn atau konten Anda di Instagram mendapatkan interaksi yang lebih baik daripada di Twitter.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.