Jasa Konsultan Digital Marketing untuk Perusahaan di Indonesia

Jasa Konsultan Digital Marketing untuk Perusahaan di Indonesia- Ada dua hal yang mengarahkan Anda ke artikel ini. Pertama, Anda ingin menjadi pemasar digital, kedua Anda membutuhkan konsultan digital Marketing untuk mendatangkan pelanggan baru dengan lebih efisien. Jika Anda yang kedua, maka ini adalah konten yang tepat. Karena disini anda mendapatkan bahan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih menggunakan jasa konsultan, agensi, freelance atau mungkin mengerjakan sendiri.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita samakan persepsi konsultan Digital Marketing. Konsultan adalah seorang ahli yang berpengalaman di suatu bidang untuk memberikan solusi kepada individu atau organisasi dalam mencapai tujuan. Digital Marketing adalah upaya untuk mencapai tujuan Marketing melalui media digital seperti website, media sosial, mesin pencari, periklanan, email dan mobile.

Jadi konsultan Marketing digital adalah seorang ahli yang berpengalaman dalam membantu individu atau organisasi mencapai tujuan pemasarannya melalui media digital. Selain penjualan, tujuan Marketing bisa bermacam-macam, seperti meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan kehadiran merek, memperoleh data, dan membuat konsumen loyal.

Sehingga penyedia jasa konsultan internet marketing harus memiliki keahlian dan pengalaman dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengukur keberhasilan strategi Marketing di dunia digital. Lalu apa cakupan layanannya?

Cakupan Layanan Konsultan Digital Marketing

Setiap konsultan memiliki pendekatan yang berbeda namun mengacu pada kata kunci yang sama yaitu “Customer Journey”. Jangan langsung ke teknik atau taktik tertentu seperti periklanan, seo atau copywriting. Karena jika salah satu teknik terjadi adalah kerugian alias boncos. Konsultan harus memulai dengan menganalisis situasi terlebih dahulu, menentukan tujuan Marketing, kemudian merancang solusi atau strategi bisnis yang tepat.

Bagaimana Jasa Konsultan Digital Marketing untuk Perusahaan di Indonesia?

Panduan Pemula untuk Digital Marketing

Berbeda jika Anda menggunakan jasa agensi atau freelance. Umumnya mereka langsung memberikan strategi, teknik atau taktik karena itu bidangnya. Beberapa agensi juga memiliki konsultan Marketing untuk membantu klien yang tidak memiliki strategi sendiri. Berikut adalah detail tentang ruang lingkup layanannya, termasuk:

Menganalisis Situasi Bisnis

Jika Anda datang menemui konsultan bisnis, jangan katakan apa yang ingin Anda lakukan, tetapi jelaskan masalah yang Anda alami. Karena ini adalah tugas pertama seorang konsultan Marketing digital yaitu mengetahui permasalahan utama klien. Mungkin Anda akan dihujani pertanyaan atau seluruh data perusahaan di-hack untuk mencari sumber “penyakit” tersebut.

Katakanlah masalah Anda adalah dengan penurunan penjualan. Jadi jangan langsung ke solusi “oh, Anda perlu SEO”, atau “lalu lintas Anda perlu ditingkatkan dengan iklan”. Tapi pertama-tama lihat semua poin perjalanan pelanggan, dari kesadaran hingga konversi, hingga keseluruhan strategi Marketing.

Menentukan Tujuan Marketing

Setelah menemukan “penyakitnya”, tugas selanjutnya adalah penyembuhan. Seperti halnya obat, tidak ada satu obat yang dapat menyembuhkan semua penyakit, setiap obat diformulasikan khusus untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Misalnya setelah dilakukan analisis situasi ditemukan bahwa yang menyebabkan penurunan penjualan adalah munculnya pendatang baru dengan penawaran yang lebih murah.

Karena konversi website bersifat konstan, sedangkan traffic menurun, maka traffic dari media sosial menurun sedangkan di search engine masih kuat. Setelah ditelusuri, para pesaing tersebut lebih banyak aktif di media sosial, sehingga konsumen yang biasanya berasal dari media sosial tersebut terambil oleh para pesaing tersebut. Jadi tujuan Digital Marketing adalah untuk meningkatkan pangsa pasar di media sosial sekaligus menjaga trafik dari mesin pencari.

Baca juga : Jenis jenis digital marketing

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.