Manfaat Pemasaran Digital di Era Internet

Manfaat Pemasaran Digital di Era Internet- Di era yang serba digital seperti sekarang ini, para pelaku bisnis kecil atau startup (startup) bisa bernafas lega dengan hadirnya teknologi internet. Mereka dapat memasarkan produknya secara luas dengan biaya yang jauh lebih rendah. Istilah ini dikenal sebagai pemasaran digital.

Pada dasarnya, menggunakan Pemasaran Digital untuk bisnis adalah cara paling bijak untuk bertahan hidup saat ini. Terlebih pengguna internet di Indonesia meningkat secara signifikan setiap tahunnya. Tentunya ini merupakan peluang besar untuk mengembangkan bisnis secara digital. Lalu apa sih manfaat digital marketing buat kamu? Berikut penjelasannya:

Jangkauan lebih luas dan tepat sasaran

Kerugian dari pemasaran melalui media konvensional seperti televisi dan media cetak adalah anda tidak dapat mengetahui siapa yang melihat iklan tersebut dan berapa jumlahnya. Melalui digital marketing, Anda bisa menjangkau target yang lebih luas. Anda juga bisa menentukan profil orang yang ingin Anda tuju, misalnya dari segi lokasi, profil, umur, apa yang mereka suka, dan lain sebagainya. Media sosial seperti Instagram dan Facebook memungkinkan Anda melakukan ini.

Biaya jauh lebih murah

Dengan biaya yang sangat terjangkau, usaha kecil mendapatkan keuntungan besar dari pemasaran digital. Biaya yang rendah memungkinkan adanya efisiensi biaya sehingga modal yang Anda miliki dapat dialokasikan untuk keperluan lain.

Misalnya, Anda tidak perlu membayar untuk akun media sosial. Tetap bagaimana Anda mengemas konten untuk media sosial sehingga bisa menarik calon pelanggan. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa memanfaatkan fitur Ads di sosial media seperti Instagram dan Facebook agar lebih banyak orang yang bisa melihat produk Anda.

Apa Manfaat Pemasaran Digital di Era Internet?

Komunikasi dengan pelanggan

Membangun kedekatan dengan pelanggan adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan, bahkan direkomendasikan. Pemasaran digital memungkinkan hal ini. Penggunaan platform yang ada untuk kegiatan pemasaran memungkinkan konsumen merek dapat saling berinteraksi, misalnya di kolom komentar. Jika admin media sosial merek Anda komunikatif, menjawab komentar pengikut dengan baik, keintiman antara pelanggan dan merek akan lebih kuat dan kepercayaan akan dibangun di antara keduanya.

Analisis lebih cepat

Melalui digital marketing, Anda bisa melihat hasilnya secara langsung. Misalnya, berapa banyak yang melihat postingan Instagram bisnis Anda, berapa banyak suka, berapa banyak yang mengklik situs web Anda, bagaimana mereka berkomentar, hingga mereka tiba di tahap checkout pembelian. Melalui data waktu nyata, Anda dapat dengan cepat menganalisis dan mengevaluasi bisnis Anda.

Tingkatkan penjualan

Tahukah Anda, digital marketing berpotensi meningkatkan penjualan lebih banyak lagi. Berdasarkan riset IPSOS Hong Kong, para pebisnis yang menjalankan strategi pemasaran digital mampu meningkatkan pendapatannya hingga 2,8 kali lipat. Oleh karena itu, para pebisnis dapat menggunakan beberapa platform yang dianggap penting untuk pemasaran digital, seperti email, media sosial, pembuatan strategi konten melalui blog, hingga penerapan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Management (SEM).

Bersaing dengan merek besar

Dulu, orang lebih percaya pada brand besar karena mereka jadi sorotan, kini semua bisa dengan mudah bersaing satu sama lain. Bisnis kecil sekarang bisa bersaing dengan bisnis besar. Yang penting bagaimana strategi Pemasaran Digital Anda tepat sasaran. Demikian yang dapat kami jelaskan tentang digital marketing pada penelitian ini, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.